Kemarin iseng-iseng beli labu kuning di supermarket. Pas sampai rumah bingung mau diapain. Mau dibikin Kolak? Cake? Puding Ceplok Telor? Sayur? Brownies? arrrghhh malah bingung kan karena sangat jarang sekali beli labu kayak gini dan juga ga pernah bikin kolak. 
Jangankan bikin sendiri, waktu bulan puasa kemarin aja ga pernah makan kolak, beli ataupun bikin hihihihi. Tapi dulu pernah coba bikin brownies dari labu jenis ini. Hasilnya? lembut dan legit. Saya pernah coba versi panggang dan kukus, hasilnya pun sama-sama legit. Dan saya suka sekali rasa dan teksturnya.
 
Kebetulan ada rencana kerumah ortu di Bekasi, dan papi sangat suka klapertaart buatan anaknya yang imut ini (duh muji diri sendiri hihihi ^_^), dan sebagai anak yang berbakti, maka sebagai buah tangan akhirnya saya putuskan untuk membuat klapertaart dari bahan labu kuning. Cari-cari resep, browsing sana sini akhirnya dapet resep di sajiansedap dan pas liat bahan-bahannya… yippiii ada semua dirumah, tinggal beli kelapa mudanya saja. 
 
And Finally ketika sampe rumah mulai deh ubek-ubek didapur. Agak kecewa juga sih ama kelapa muda yang dibeli (nitip ma tetangga) karena agak tipis kelapa mudanya (biasanya dapet yang tebel dan muda banget hiks). 
 
Dari resep yang didapet dari sajiansedap itu ada beberapa yang dimodifikasi. Supaya lebih wangi saya menambahkan unsalted butter dalam adonan karena udah terlanjur dikasih garam. Maizena saya ganti dengan Tepung custard dengan komposisi yang sama. Dan topingnya hanya ditabur keju (agak malas buat ngocok putih telurnya hihihii)
 
Untuk resep lengkapnya saya copas dari www.sajiansedap.com ya
 

 

 
Klapertaart Labu Kuning
source : Sajiansedap.com
 
Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
300 gram labu kuning, kukus, haluskan
250 ml susu cair 
125 gram gula pasir 
30 gram tepung terigu protein sedang 
15 gram maizena (saya ganti dengan tepung custard)
1/4 sendok teh garam 
3 butir telur (saya cuma pakai 2 butir)
2 sendok makan rhum (skip)
100 gram kenari, cincang kasar (skip karena ga punya hihi)
200 gram kelapa muda, kerok lebar

Bahan Topping: (saya cuma ditabur keju ceddar parut)
2 putih telur 
1 sendok makan gula pasir (25 gram) 
50 gram fruit mix, potong kotak untuk taburan
Cara Pengolahan :
  1. Rebus susu cair, gula pasir, tepung terigu, maizena, dan garam sambil diaduk sampai meletup-letup.
  2. Masukkan labu kuning. Aduk rata. Tambahkan telur. Aduk rata. Masukkan rhum. Aduk rata.
  3. Tuang ke pinggan tahan panas yang dioles margarin. Oven 50 menit dengan suhu 160 derajat Celsius sampai setengah matang.
  4. Topping: kocok putih telur sampai setengah mengembang. Tambahkan gula pasir. Kocok sampai mengembang.
  5. Tuang diatas klapertart. Tabur fruit mix. Oven 20 menit dengan suhu 160 derajat Celsius.

“Happy Baking ^_^
Yellow Pumpkin Klapertaart
Tag pada:        

Tinggalkan Balasan