ImutzCakes – Sebenarnya agak Bete beberapa kali bikin roll cake. Kalo ngga patah ya retak retak, dan akhirnya gagal total. Dari yang cuma 3 telur sampai 6 telur, masih aman sih diangka 6 karena beberapa resep perlu 10-12 butir telur, untuk yang terakhir ini saya selalu baca saja ga pernah mau coba karena takut gagal hahahhaha.Ketika saya lihat gambar roll cake ini di resep luar (shugary sweet dot com kalo ga salah) saya tertarik untuk membuatnya. Pertama karena hiasannya yang seru, berwarna warni dan melihat komposisinya dengan telur 3 dan tanpa lemak!! wah saya langsung simpen itu resep, dan meniatkan untuk membuatnya, sekalian belajar nge-roll… misalnya gagalpun sebenarnya gak apa apa karena hanya pake telur 3. 

Saat semua bahan sudah siap dan siap untuk bertempur di ruang workshop (dapur, red) saya baca perlahan dan saya pahami benar-benar step step dan apa saja yang pertama dan terakhir harus saya lakukan. Dari mulai nyiapin loyang, nyiapin serbet bersih, nyiapin bahan, nyiapin suhu oven. detailnya saya siapin semua biar ketika sesuatu terjadi saya jadi ga panik hihihihihi.

Yang bikin saya kaget adalah ketika meng-oven adonan yang sudah diloyang, seharusnya cuma 11-13 menit saja, sedangkan oven saya cuma bisa salah satu api atas atau api bawah. Jadi ketika sudah 15 menit menggunakan api bawah, bagian atas cakenya kurang mateng, jadi langsung saya ganti sebentar ke api atas, sekitar 3-5 menit. Langsung saya angkat dan diletakkan diatas serbet bersih kemudian saya roll pelan pelan biar ga patah (agak gemetar juga sih waktu nge-rollnya hahahha). Untungnya tekstur cake ini agak padat tapi membal (apa yah bahasanya tuh) jadi lebih gampang buat di roll. 

Gambar diatas itu saya namain neopolitan funfetti roll cake, karena warnanya yang menyerupai neopolitan cake. Pernah ada yang nge-share resepnya di fb, tapi pake metode pisah telur dan beberapa bahan yang buat saya terlalu ribet, jadi saya coba resep funfetti roll cake diaplikasikan untuk neopolitan. Untuk Warna saya hanya menambahkan pasta strawberry untuk merah, pasta vanila untuk putih dan pasta coklat untuk warna coklat. 

Nah yang dibawah ini adalah Vanilla Funfetti Roll Cake. Bedanya dengan neopolitan adalah, serbet untuk menggulung terlebih dahulu di sebar gula halus dengan rata. Jadi kondisi bagian atasnya akan bertaburan gula. Menurut saya ini terlalu manis (lumayan bikin gigi saya cenut-cenut) jadi ketika saya buat NFRC serbet ga saya sebarin gula halus dan gula di adonan saya kurangi. Rasanya Pas!! ini saya share resepnya yah Vanilla Funfetti Roll Cake
recipe by Shugarysweets.com
 
Bahan-Bahan untuk cake:
  • 3 telur
  • 1 cup gula halus
  • 1/3 cup air
  • 2 tsp vanilla extract
  • 1 cup terigu protein sedang
  • 1 tsp baking powder
  • 1/4 tsp garam halus
  • 1/4 cup gula bubu (gula donat) untuk dusting serbet bersih
          untuk filling :  (saya pake home made butter cream + cheese cream)
  • 1 1/2 cup heavy cream(whipping cream / butter cream)
  • 1/4 cup gula halus
  • 1 tsp vanilla extract
  • 1/2 cup meses rainbow
Instructions
  1. Siapkan loyang 18 x 18 x 4 atau 20 x 20 x 4 yang dialas kertas roti dan dioles margarin , tabur terigu. sisihkan. Tabur serbet bersih dengan gula halus, siapkan baking paper yang lebih besar atau sama dengan ukuran cake. sisihkan
  2. Kocok telur 2-3 minutes. tambahkan gula, air dan vanila kocok sebentar sampai fluffy dan rata. Masukkan terigu, baking powder dan garam, kocok lagi sebentar sampai rata dengan kecepatan rendah. Tuang ke loyang, dan oven selama 11-13 menit suhu 180c (saya 15 menit api bawah dan 5 menit api atas)
  3. Angkat dan langsung balik kue ke serbet bersih yang sudah ditabur gula galus. lepas kertas roti yang menempel di bagian bawah cake, dan ganti dengan kertas roti baru. Pelan-pelan gulung cake dan padatkan. dinginkan selama 1 jam
  4. Untuk membuat fillingnya, kocok heavy cream sampai soft peaks. Masukkan gula halus dan vanilla, teruskan mengocok sampai  konsistensi yang di inginkan, tabur sprinkler, aduk asal rata (jangan sampai rata supaya warna sprinkler tidak luntur)
  5. Kalau cake sudah dingin, buka gulungannya pelan-pelan, buka kertas rotinya dan oles dengan filling. Re-roll kembali tanpa serbet. tabur dengan sisa gula halus/gula donat jika mau. Sajikan dingin lebih enak.

Tekstur roll cake ini memang lebih padat karena tidak menggunakan lemak, tapi cukup moist. Jadi jangan berharap menghasilan tekstur roll cake yang lembut seperti roll cake pada umumnya. Tapi untuk newbie seperti saya yang berkali kali mencoba dan gagal nge-roll cake, cake yang satu ini layak untuk di coba… ^_^
 
 
Vanilla Funfetti Roll Cake
Tag pada:    

Tinggalkan Balasan