CYMERA_20150823_231043-2
Malem malem iseng banget. Belum bisa tidur, sambil nonton film India, Doom 2. Cerita tentang perampok berlian ganteng dan polisi yang mau nangkep si pencuri itu. Ga terlalu ngeh sih ceritanya gimana, pokoknya asal ada tv nyala dan ga ngebosenin. Sambil mikir, besok senin mau bawa bekal apa. Kalau buat makan siang sih udah ada planning bawa bekalnya apa, tapi buat sarapan, bawa apa ya?? Maklum nih tanggal sekarat, jadi sarapan ma makan siang harus disiapin dari rumah hahahahahaha.
Sebenarnya dari tadi siang udah ada bayang-bayang mau bikin bakpao. Terus juga kepikiran bikin roti, trus pengen brownies. Ish banyak banget maunya kalau libur. Mau ini, mau itu, tapi tau ga sih kalo pada akhirnya ga ada yang dibikin!!! Malas dan ga mau ribet melanda Hahahaha…
Buka tutup FB buat cari ide mau bikin apa, eh ga nemu ide juga. Sampe jam 9 malam bingung mau bikin apa nih. Ndelalah kok inget tadi siang abis blog walking ke blognya mba Nina and mba Hesti , biasanya sih emang ada aja resep yang nyangkut dan uji coba. Dan akhirnya pilihan jatuh ke blognya mba Nina, kebetulan pingiiiiiinnn banget ngolah sesuatu dengan Matcha Powder. Beberapa waktu lalu pernah sih bikin Almond Crispy Matcha dan Pudding Matcha, dan aku sukaaaaaa banget sama aromanya. Masih penasaran ama olahan matcha lainnya, So di ubek ubek deh blognya mba Nina itu dan akhirnya nemu Cake kukus Matcha or Steam Matcha Cake.
Hasilnya lembuuuuttttt pisan. Inipun waktu pengukusan cake-nya pake ada accident segala.
Ceritanya lagi pengen juga nyoba kukus pake Steam It dari Tupperware. Mikir.. Mikir.. Apa bisa ya pake buat cake? Apa harus ditutup pake serbet tutup steam it nya? Tapi nekat lah, langsung aja di coba. Trus jadi donk, ngukus pake steam it, dan pas dibuka, wooww bagus donk hasilnya ngembang. Tapiiiii saya ga ngeh kalo di tutupnya masih ada cairan uapnya. Pas nge-buka eh airnya jatuh ke cake-nya ๐Ÿ™ ๐Ÿ™ ๐Ÿ™
C360_2015-08-23-23-00-06-843-2
Untungnya, cake-nya udah matang, jadi air yang jatuh ke cake ga bikin bantat. Agak ada bekas jatuhan airnya sih di bagian atas. Tapi dalamnya moist and lembuuuuttt banget. Suka suka suka … Lapisan atas agak bergelombang dikit, karena saya lupa apinya tuh pake api sedang. Harusnya pake api kecil aja biar mulus. Next time nyoba lagi bikin cake kukus pake Steam It Tupperware dech.
Oiya, waktu udah diangkat dan dibalik ke cooling rack ternyata bagian bawah masih ada yg cair, jadi saya kukus lagi sekitar 25 menitan (sambil ditinggal mandi juga hihihihi) dan akhirnya matang juga. Dan ga ada yang bantat.
Pokoknya resep ini recommended deh buat pecinta Matcha ๐Ÿ˜‰ makasih mba Nina resepnya.
Ini saya copas ya resepnya. Monggo yang mau nyobain. Di resep matcha yang dipake 20gr. Berhubung saya cuma punya sedikit, jadi matchanya cuma dipake 8 gr. Dan terigunya 92 gr. Jadi total bahan kering tetap 100gr. Tapi udah berasa banget matchanya. Dan buat saya ini pas banggett. ๐Ÿ˜‰
CYMERA_20150823_230722-2
Steam Matcha Cake
By Catatan-Nina
Bahan :
3 butir telur
100 gr gula pasir
1/2 sdt cake emulsifier
80 gr tepung terigu
20 gr matcha powder (saya cuma pakai 8 gr matcha powder, 92 gr terigu)
seubit garam
50 gr coklat masak putih (white cooking chocolate)
90 gr minyak sayur
75 gr susu kental manis putih
Cara Membuat :

1. Panaskan kukusan, siapkan loyang 20x10x7 cm. Oles tipis margarin atau minyak, alas kertas roti dan olesi kembali. Sisihkan.

2. Campur dan ayak tepung terigu, matcha powder dan garam. Sisihkan.

3. Kocok telur, gula pasir dan cake emulsifier hingga mengembang dan kental berjejak.

4. Masukkan campuran terigu sedikit demi sedikit , aduk rata menggunakan spatula atau dimixer dengan kecepatan rendah. Sisihkan.

5. Tim coklat putih hingga leleh, matikan api kemudian masukkan minyak sayur. Aduk rata dan tuang sedikit demi sedikit ke dalam adonan sambil diaduk balik menggunakan spatula hingga homogen.

6. Ambil 50 gr adonan, campur dengan susu kental manis. Aduk rata dan sisihkan.

7. Tuang 1/2 adonan ke dalam loyang, kukus selama 10 menit.

8. Tuang adonan yang sudah dicampur susu kental manis dan kukus kembali selama 10 menit.

9. Tuang sisa adonan di atasnya dan lanjutkan mengukus dengan api sedang selama kurang lebih 30-40 menit hingga matang. Lakukan tes tusuk ya.

10. Angkat dari kukusan dan keluarkan dari loyang. Tunggu hingga dingin dan potong-potong sesuai selera.

Happy Cooking ๐Ÿ˜‰

STEAMED MATCHA CAKE
Tag pada:            

2 gagasan untuk “STEAMED MATCHA CAKE

  • September 2, 2015 pukul 5:45 pm
    Permalink

    Wah kayaknya Matcha Steamed Cakenya enak, nanti mau nyoba bikin deh. Oiya Matcha Powdernya merek apa? dan beli dimana? Makasih ๐Ÿ™‚

    Balas
  • September 4, 2015 pukul 12:56 pm
    Permalink

    Yap enak loh mba matcha cake-nya. Kemarin belinya di Titan Fatmawati. Kebetulan beli yang eceran. Udah di kemas per bbrp ratus gr dari tbk nya ๐Ÿ™‚
    Terimakasih sudah mampir ๐Ÿ™‚

    Balas

Tinggalkan Balasan