soes-isi-ragoutMinggu lalu ada pesanan soes untuk acara pembukaan kantor baru Wings Company di wilayah Bekasi. Kebetulan mommy dapet orderan tumpeng dan snacknya diserahin ke saya untuk ngatur. Ga banyak sih tapi alhamdulillah sebagai start pembukaan orderan snack box untuk project kerja bareng sama temen. Dan saya kedapetan bikin soes. Sebenarnya udah lama ga bikin soes, setahun lalu kalo ga salah. Dan saat pertama kali bikin dulu saya berhasil membuat soes yang ga kempes waktu dingin. Soal resep soes dan tricknya mungkin nanti akan saya buat tulisan sendiri.
Nah, karena saking lamanya ga bikin soes, saya kurang memperhatikan suhu bawah oven. Emang sih harus di suhu yang tinggi, tapi terlalu lama ngoven dengan suhu yang tinggi saya ga ngeh kalo bawahnya sudah gosong duluan. Atasnya sih bagus, ga gosong dan ga mimpes (untuk yang terakhir ini saya bisa dibilang berhasil). Cuma bawahnya ga layak deh disebut berhasil. So, setelah di kumpulin semua yang gosong bawahnya, wah ternyata banyak juga. Soes gosong saya taruh di tupperware rapat dan sempat menginap beberapa hari dikulkas. Entah mau saya apakan nantinya. Ga ada ide blasss. Tapi kalo dibuang ya sayang, karena lumayan banyak.
resep-soes-isi-ragout
Soes yang gosong 😀
Sebagian dimakan pake sisa isian vla yang memang saya buat untuk sus. Lama lama bosen juga. Lalu saya pake selai sarikaya dan karamel. Hehehehe dan bosen juga. Apalagi gigi lagi cenut cenut terus jadi ga mengurangi makanan manis. Bingung mau diapain lagi itu soes gosong.
resep-soes-isi-ragout
 Waktu lagi ngobrol ngobrol di grup Indonesia Food Blogger dan dan bahas idfb leftover challenge di bulan ini, saya sebut soes saya itu bisa ga dijadikan left over. Karena kan itu makanan sisa tapi masih layak dimakan kalo “diperbaharui” menjadi model makanan baru. Dan langsung deh terbersit, bagian gosong di potong dan di isi dengan sesuatu. Dan akhirnya saya dapet idenya harus di isi dengan apa.
Saya masih ingat menyimpan mashed potato instan yang rasa pedas. Dan diniatin besok harus bikin untuk ikutan challenge leftover.
Dan ketika pagi tiba… O .. O .. ternyata saya lihat expirednya… Desember 2014 gubrak!!! Selama itu saya nyimpen mashed potato yang bahkan belum saya sentuh T___T   kebiasaan buruk yang lom bisa hilang, rajin blanja tapi malas eksekusi sampe bahannya expired hiks hiks… maafkan, jadi mashed potato itu akhirnya saya buang. Maafkan…
Lalu saya harus bikin apa donk? Mikir… mikir… sampe siang saya belum ada ide. Mau ke supermarket beli mashed potato lagi malasnya luar biasa. Selain karena takut tergoda pengen ini atau itu. Jadi nunggu ide, akhirnya saya ketiduran deh… hahahaha.

resep-soes-isi-ragout

Bangun tidur dan pikiran sudah fresh, dan perut pun berbunyi, tanpa lapar. Buka kulkas, ada tuna kaleng pedas dan frozen vegetable. Ok sip, ide pun sudah menari nari di kepala. Jadi akhirnya sebagai pengganti mashed potato yang sudah expired, saya memutuskan membuat ragout sebagai isian soes. Karena soesnya lumayan gurih, saya mau isiannya juga yang gurih dan kebetulan tunanya pedas, jadi deh ragout dengan rasa pedas.
Resepnya asal cemplung, karena soes yang mau saya isi juga ga banyak. Jadi saya buat porsi single karena dimakan sendiri hiks hiks… jadi plis pake takaran kira kira yaaah…
Soes isi ragout
Recipy by Liza
Bahan :
6 buah Soes (karena saya pakai soes yang bawahnga gosong, jadi saya cut bagian gosongnya – untung soesnya dapet kopongnya hehehe)
3 sdm tuna kaleng rasa pedas
3 sdm sayuran beku
1 sdt bawang putih halus
50 gr Terigu
50-60 ml susu cair
Garam secukupnya
Cara membuat :
Microwave soes yang sudah di potong bawahnya agar hangat. Sisihkan

Tumis bawang putih sampai harum, lalu masukkan sayuran beku. Masaj sampai setengah matang. Masukkan tuna kaleng dan susu cair, masak sampai mendidih. Tambahkan garam. Aduk rata.

Masukkan terigu, aduk cepat agar terigu tidak menggumpal. Matikan api
Penyelesaian :
Masukkan 1 sdm ragout kedalam soes.
Yap, begitulah kira kira saya mengeksekusi “soes gosong” saya. Daripada dibuang, mending dijadikan varian makanan baru. Bisa bikin oerut kenyang dan ga merasa berdosa membuang makanan enak.
Jadi ini saya jadikan sebagai setoran monthly challenge IDFB tema “LeftOver”. Semoga berkenan dan selamat mencoba.
Ingat !!! Makanan apapun kalau bersisa jangan dibuang. Jadikan jenis makanan baru.
Be creative and dont waste food.
Happy cooking
Liza
Soes isi Ragout Tuna
Tag pada:            

5 gagasan untuk “Soes isi Ragout Tuna

Tinggalkan Balasan