ImutzCakes – Mungkin sejak saya berhasil bikin roti yang lembut, setelah bertahun tahun selalu gagal bikin roti, jadi saya selalu rajin bikin roti :)) dari mulai roti manis, roti bluder, roti boy, sampai roti tawar. Selalu menyenangkan ketika selesai memanggang, keluar roti yang fresh from the oven.. ughhh anda mungkin ga bisa membayangkan bagaimana bahagia dan ga sabarnya saya menikmati roti itu. yang jelas i love baking bread.
Kenapa tiba-tiba saya suka buat roti? padahal dah putus asa deh kalo bikin makanan yang satu ini. Selain capek nguleni, makan waktu lama untuk fermentasi, belum lagi kalau hasilnya.. jreeeeenggg .. keras, alot dan ga enak 🙁 .. ini dulu sering saya alami. Kuncinya sukses pembuatan roti adalah pada saat menguleni, dia harus kalis elastis. Kalis tandanya tidak lengket ditangan dan tempat menguleni, elastis tandanya ketika adonan di lebarkan dia akan tidak putus dan berserabut halus.
Dulu saya kan hanya mengandalkan LG alias Lengan Gede, adonan ga pernah elastis, bisa kalis sih, tapi untuk elastis butuh waktu yang laaamaa sekali, saking lamanya bikin adonan gagal dan keras, tapi sekarang saya udah ada senjata untuk menghasilkan adonan roti yang kalis elastis… eng ing eng.. apakah itu? iyaah betullll jawabnya adalah STANDING MIXER :))) kebetulan temen kantor bisa menjual mixer itu ke saya, jadi tanpa ragu saya beli standing mixer merk Philips itu dengan harapan, “saya harus berhasil bikin roti” (hahaa beli mixer krn mau buat roti aja -_-) …Bukan berarti mixer yang selama ini menemani saya perang di dapur tidak bisa untuk membuat roti. Tapi beberapa kali mencoba menggunakan alat yang berulir itu, selalu berantakan jadinya, akhirnya saya nyerah deh pake mixer itu. Untuk sementara mixer cosmos-nya saya museumkan dulu hihihihi.
Kembali ke roti, Ini adalah roti sobek kedua yang saya buat. Pertama Kali  bikin roti sobek coklat buat buah tangan waktu pergi kerumah ortu kemarin, kata papi ku enak, empuk (ah senangnya di puji). Nah ini lagi iseng pengen makan roti yang beraroma pandan. resep dasarnya dari Hokkaido Soft Bread NCC (resep ini jadi andalan deh buat roti manis hehehe) dengan di tambahkan essen pandan dan dikasih pewarna hijau sedikiiitt saja. untuk pemanis diatasnya saya taburi keju. Terasa juga kok kejunya kalo pas kedapetan makan yang bagian atasnya. Tapi yang dalam ga terlalu terasa sih, karena utamanya bukan keju 😀
Berikut saya tuliskan resepnya yah Roti Sobek Pandan (resep asli Hokkaido Soft Bread NCC)
Modified by Dapur Imutz
Biang (Water Roux)
25 gr tepung terigu protein tinggi
125 ml air
–> aduk rata, dan masak sampai kental, jangan sampai mendidih. pindah ke mangkuk tutup dengan plastik wrap, dinginkan selama kurleb 30 menit atau sampai dingin dan siap digunakan.
Bahan:
275 gr Tepung terigu protein tinggi
50 gr gula pasir
2 sdm whip cream
2 sdm susu bubuk
50 ml air (tergantung adonannya, bisa kurang atau lebih)
1/4 sdt bread improver
1 butir telur, kocok lepas
1 sdm minyak goreng atau butter leleh
1/4 sdt garam
6 gr ragi instan (setengah sachet uk. 11 gr)
1/2 sdt essens pandan
2 tetes pewarna hijauIsian : – berbagai macam selai, bisa coklat, strawberry, blueberry
Olesan – campur jadi satu
1 sdm Susu cair
1 butir kuning telur
1/4 sdt Madu50 gr keju parut untuk taburan
Cara membuat
1. Campur semua Bahan kecuali garam dan minyak goreng kedalam mangkuk yang berisi adonan water roux yang sudah dingin
2. Mixer atau uleni sampai setengah kalis, masukkan minyak goreng, uleni kembali
3. Masukkan garam, uleni sampai kalis elastis
4. Tutup dengan plastik wrap dan diamkan sampai mengembang 2x selama kurleb 40 menit
5. Kempiskan adonan, bagi menjadi 4 potong, tutup kembali dan biarkan selama 50 menit
6. ambil 1 bagian lalu potong menjadi 4, bulatkan, pipihkan dan beri isi. bulatkan kembali lalu susun diloyang yang sudah dioles margarin (loyangnya bisa dipakai loyang kotak uk. 22×22 atau 24×24 atau bulat diameter 20 atau 22)
7. Lakukan yang sama untuk sisa potongan lain. Susun rapi di loyang
8. Olesi rata adonan roti dengan bahan olesan, diamkan selama 30 menit
9. Olesi kembali dengan sisa bahan olesan, tabur dengan keju parut
10. Panggang dengan oven yang sudah dipanaskan, suhu 180’c selama kurleb 20-30 menit atau sampai matang
11. Dan roti freas from aven siap disantap 😀
Selamat mencoba !! ^_^
Roti Sobek Pandan
Tag pada:    

Tinggalkan Balasan