Yessss…!!! akhirnya bisa ikut meramaikan monthly event Pawon Ibu. Dan ini pertama kalinya sejak jadi member beberapa minggu lalu hihihi… Semoga belum terlambat yah, secara ini udah akhir bulan iks.
Menu bersantan kali ini saya coba bikin lauk yang memang biasanya lebaran selalu ada. Pas lebaran kemarin saya bener bener ga makan makanan hidangan lebaran karena persiapan mudik, dan dirumah ortu juga ga masak ketupat CS (nangis tersedu sedu hiks hiks).
Rindu juga sama sambel goreng ati, ketupat dan sayurnya, rendang daging, dan opor ayam. Nah yang terakhir inilah yang hari ini saya masak untuk di ikutkan di event ini. Pada dasarnya semua pasti bisa bikin lauk yang satu ini, tapi berhubung saya jarang masak dan bersentuhan sama santan pas lagi pengen masak sendiri, bikin opor ayam ini jadi sesuatu deh :)). Biasanya cuma iris iris cabe dan bawang trus di tumis tumis aja, jadi sayur atau lauk yang bisa dimakan sekali dua.
Nah, karena beberapa hari ini saya lagi rajin masak (semoga seterusnya) saya niatin buat bikin Opor Ayam. Pagi-pagi dah nongkrong di tukang sayur cuma buat beli ayam :)). Siangnya langsung saya eksekusi deh. Berhubung ga pernah bikin opor ayam, jadi browsing browsing dulu cari resepnya. Cari yang gampang dan ada bumbunya dirumah hihihi. Dan pekerjaan yang paling saya hindari kalo masak adalah “menguleg” !!! 🙁 tapi mau ga mau harus deh buat opor ini -__-” berhubung lom ada blender :p,
Jadi pelan-pelan bumbunya saya uleg dan akhirnya bisa halus hihihihihihi. Alon alon asal kelakon begitu istilahnya .
Saya dapet resep ini dari sini, ada beberapa bumbu yang saya ga punya, jadi diskip aja. Dan ini cuma bikin setengah dari resep dan disesuaikan dengan indra pengecap saya saja, jadi yah dikira kira aja jumlah bumbu yang dimasukin. Pokoknya bumbunya sama. Semoga ga merubah dari rasa aslinya sih hahhaha
OPOR AYAM
Bahan Opor
6 Potong Ayam sedang
Santan encer 300 ml
Santan kental 150 ml
Sere 1 Batang, dimemarkan
Daun Salam 2 lembar
Daun Jeruk Purut 3 lembar
 
Bumbu yang dihaluskan :
Bawang Merah 6 siung
Bawang Putih 4 siung
Ketumbar 1 sdt
Jinten 1/2 sdt (saya skip karena ga punya)
Lengkuas 1/2 jari
Kemiri 2 butir
Ladam Garam, Penyedap dan gula secukupnya
Cara Memasak :
Ayam dibersihkan.
Tumis bumbu yang dihaluskan sampai harum, tambahkan daun salam, daun jeruk purut, sere.
Masukkan Ayam, aduk rata dan biarkan sampai layu, tambahkan santan encer.
Setelah agak surut tambahkan santan kental, masak sampai santan meresap kedalam ayam. Bila ayam sudah empuk, angkat. Sajikan
Resep Opor Ayam
Tag pada:        

Tinggalkan Balasan