Resep martabak manis teflonYay weekend.. lazy days.. tapi kalo urusan perut ga bisa deh lazy day. Harus ada makanan dirumah, minimal cemilan. Belakangan pengen makan yang manis manis terus. Mungkin pengaruh flu jadi lidah berasa pahit dan maunya makan manis (alasan hahaha).

Emang udah lama ga nguprek di dapur. Biasa, lagi kena baking blue dan lazy blue hahaha. Jadi dari semalem udah di niatin banget banget kalo pagi  harus udah ke dapur, entah bikin apa. Jadi yah walhasil emang dari pagi udah berdiri didapur tapi bingung mau bikin apa. Ada beberapa resep yang mau saya buat. Dan kebetulan ada semua bahannya. Tapi ya apalah itu, kalo udah kepikiran bikin macem macen, ga ada yang makan jadi ga semangat lagi.

Menimbang.. menimbang… akhirnya nekad bikin beberapa resep. Soal siapa yang makan nanti urusan belakangan. Pokoknya saya bertekad untuk bikin sesuatu yang ga pake ribet dan enak. Ada yang asin gurih dan ada yg manis.

Nah salah satu yang manis adalah martabak manis teflon ini. Berhubung ga punya loyang martabak, saya blog walking buat cari resep martabak tanpa loyang dan akhirnya nemu martabak manis teflon punya mba Ricke Ordinary Kitchen. Resepnya mudah, ga pake ragi, cuma pake baking powder dan soda kue.

  PicsArt_02-21-12.22.41-1
Di resep seharusnya adonan di bagi 2. Saya ga ngeh itu resep untuk ukuran loyang diameter berapa. Akhirnya ketika saya bagi 2 loyang dan adonan pertama masuk ke teflon ternyata hasilnya ketebelan, karena loyang teflon saya cuma yang berukuran diameter 18cm.
Kayaknya memang harus di bagi 3 kalau ukurannya segitu. Karena sudah terlanjur, akhirnya adonan sisa saya bagi 2. Jadi hasilnya agak tipis. But its alrait, martabaknya tetap lembut dan enak. Malah lebih seruan yang agak tipis dibanding yang tebel. Makan 1 loyang juga ga berasa hahahahaha.
Berikut resepnya ya. Di baca dulu, trus disimak biar nyangkut step stepnya lalu bikin deh 😀
PicsArt_02-21-12.25.53-1
Martabak Teflon
Recipe by Ricke Ordinary Kitchen
Modified by Liza
 
Bahan:
250 gram terigu protein sedang
400 ml air (Saya pake santan instan yang ditambah air 400ml)
30 gram gula pasir
1/2 sdt garam
2 butir telur
1 sdt baking powder
 
Bahan tambahan per loyang:
1/4 sdt soda kue
Gula pasir untuk taburan
Bahan isi:
Sesuai selera (coklat, kacang, keju, selai, dll)
Susu kental manis (saya ga pake. Kelupaan)
Bahan olesan:
Blue band cake and cookies
Cara membuat:
  1. Ayak terigu dan baking powder. Sisihkan.
  2. Kocok telur, gula dan garam sampai gula larut (pakai wisker) Tambahkan susu. Aduk rata.
  3. Masukkan campuran terigu dan baking powder. Kocok rata sampai lembut dan tidak ada lagi gumpalan terigu. Bila masih ada bisa disaring. Diamkan 1 jam atau lebih.
  4. Panaskan loyang martabak sampai panasnya merata dan cukup (loyang tidak usah dioles). Jika sudah panas, kecilkan api (kecil banget ya). Biarkan sekitar 10 menit agar panasnya stabil.
  5. Bagi 2 adonan. Tambahkan 1/4 sendok teh soda kue yg dilarutkan dg 1 sensok makan air. Aduk cepat merata. Langsung tuang ke loyang yg sudah panas. Biarkan sampai muncul gelembung dan berlubang-lubang. Taburi gula pasir. Tutup loyang dan biarkan sampai matang (permukaan sudah tidak cair/basah).
  6. Angkat. Segera oles dengan butter/margarin. Beri isian. Beri susu kental manis. Belah jadi 2 bagian, tumpuk. Oles lagi permukaan kulit luarnya dengan butter/margarin. Potong-potong. Sajikan hangat.
  7. Lakukan hal yang sama pada sisa adonan

Jadi kalau siang siang kepengen makan martabak, bikin ajah. Gampang dan puas. Kalau mau seperti yang dijual di warung martabak, bisa pake loyang martabak dan butternya pakai wysman… yuuuummm pasti enak. Apalagi kalau di topping durian.. yaaayy~~

Selamat mencoba dan happy cooking ^_^♡
Liza
Resep Martabak Manis Teflon
Tag pada:            

4 gagasan untuk “Resep Martabak Manis Teflon

  • Juni 7, 2016 pukul 1:34 pm
    Permalink

    Liza, tampilannya sih udah oke tuh mirip yang dijual si abang dengan harga 60,000 satu loyang, rasanya? Hhhmmm, yummy abis. Martabak ala Liza rasanya gimana? Apa kata anak-anak? hehe… Pastilah mereka bilang lezat. Maau nyoba nanti balik ke sini liat resepnya.

    Balas
    • Juni 7, 2016 pukul 1:46 pm
      Permalink

      Hihihi ini aq bikin sendiri abis satu loyang teflon bunda Yati, kekekekekekke. Lumayan lah kalo pengen martabak di tanggal tua bisa bikin sendiri hahahaha. Rasanya enyaaaakkk, ga kalah ama martabak-martabak kekinian ituuuhh. Tinggal kreasi di topping aja. Coba yuk bun, anak2 pasti suka

      Balas
  • Juni 8, 2016 pukul 10:20 am
    Permalink

    Wah, bikin ngiler.
    Resepnya Mba Ricke beberapa kali saya pakai juga mba.

    Balas

Tinggalkan Balasan