marmer cakeAssalamualaikum, pagi yang cerah alhamdulillah. Setelah beberapa minggu vakum ngeblog akhirnya mulai ngeblog lagi di website baru. Harus banyak belajar lagi nih, secara biasanya pake blogspot sekarang pakai wordpress. Semoga user friendly ya setiap mau posting, jadi lebih mudah untuk nulisnya. Dan yang saya pilih di postingan pertama adalah virus yang sedang menyebar di seantero grup Let’s Get Baking Together atau LBT. Apa itu nama virusnya? Yap, virus Marmer Cake. Dulu saya pernah membuat resep Marmer Cake ala Pak Sahak, resepnya di sini ya.

Waktu saya membuat marmer cake ala Pak Sahak, metode yang di pakai adalah metode all in. Jadi semua bahan dimasukkan menjadi satu (kecuali margarin leleh dan minyak sayurnya), sedangkan resep marmer cake kali ini saya pakai metode butter di kocok dengan gula atau yang biasa di kenal dengan metode butter cake. Dan resep marmer cake ini saya modifikasi dari resep Mba Ricke Indriani.

resep-marmer-cakeYang perlu diperhatikan dalam pembuatan cake ini, pastikan semua bahan ada di depan mata, dan sudah dipersiapkan ukuran ukurannya sesuai resep. Jadi ketika mixer sudah bwrjalan, tidak memakan waktu lama untuk mengukur bahan dan mencampurkannya ke adonan.

Saya kemarin kurang mempersiapkan bahan yang sudah di ukur, jadi agak keteter waktu nge-mix adonan. Tapi syukurlah ga bantet. Dan hasil akhirnya cake marmer ini fluffy dan lembut.

Oiya, untuk butter karena saya pakai mix butter dan margarin, texturnya agak beremah. Buat yang suka dengan tekstur lembut bak Japanese Cheese Cake, buang jauh jauh khayalan itu yah hehehehehe. Tapi kalau mau lebih lembut dari tekstur cake yang saya buat, bisa pakai full butter. Hasil juga akan lebih wangi.

resep-marmer-cake

Seperti yang saya sebut diatas, resep marmer cake ini punya Mba Ricke, tapi saya lupa ambil dari postingan yang mana. Jadi saya modif bahannya sedikit sesuai dengan keinginan saya, kalau caranya sama saja, hanya berbeda di bagian adonan cokelat. Berikut resepnya ya

Resep Marmer Cake

Recipe by Ricke Indriani
modified by BakingFoodie

Bahan

150 gr Margarine Blue Band Cake and Cookies
100 gr Mentega Orchid
200 gram gula pasir halus (saya gula pasir di blender)
5 butir telur ukuran sedang
1 sdt vanilla extract
225 gram terigu protein sedan
2 sdt baking powder
50 ml susu cair
1 sdm pasta cokelat
2 sdm cokelat bubuk

Cara membuat:

  1. Panaskan oven suhu 160’C tergantung oven masing-masing. Siapkan loyang loaf (saya pakai ukuran 22x10x10 cm), olesi margarin tipis, taburi dengan terigu tipis. Sisihkan.
  2. Ayak terigu bersama baking powder. Sisihkan.
  3. Kocok butter/margarin hingga lembut sekitar 3 menit, masukkan gula pasir halus kocok kembali hingga creamy dan pucat. Masukkan telur satu per satu, kocok asal rata setiap setelah memasukkan telur. Lakukan hingga telur habis. Masukkan vanilla extract. Kocok rata.
  4. Masukkan campuran terigu dan baking powder dalam 3 tahap, berselang seling dengan susu cair dalam 2 tahap. Awali dengan terigu, akhiri dengan terigu.
  5. Ambil sebagian adonan, beri campuran pasta cokelat, aduk rata. Lalu masukkan cokelat bubuk. Aduk balik hingga rata. Sisanya biarkan putih.
  6. Masukkan adonan putih dan cokelat berselang seling secara acak ke dalam loyang. Buat motif marble/marmer dengan bantuan tusuk sate/pisau.
  7. Panggang dalam oven yg telah dipanaskan sampai matang dan permukaannya kecoklatan, sekitar 45 menit. Test tusuk sudah bersih.
  8. Keluarkan dari loyang dan dinginkan. Dan Marmer Cake siap di santap.

resep-marmer-cake

Untuk resep ini saya tidak menggunakan garam, karena campuran margarin dan mentega sudah ada rasa asinnya. Tapi bisa saja kalau mau pake unsalted butter, harus di beri garam sekitar 1/4 sdt. Entah kenapa ketika saya balik ke cooling rack, cakenya menjadi retak, ga semulus yang saya bayangkan, bahkan ada bagian yang tercuil, walaupun masih bisa di tutupi. Mungkin karena saya mengolesinya buru-buru sehingga kurang rata. Maklum saja, saya ngolesinnya pas adonan sudah jadi tinggal dituang jadi harus buru-buru di oles sebelum adonan turun dan hasilnya bisa bantet. Sepertinya saya harus coba lagi dengan persiapan yang matang.

Happy Baking ^^

Resep Marmer Cake
Tag pada:        

Tinggalkan Balasan