Resep killer soft bread

Resep killer soft bread ini juga sudah lumayan lama bertengger di aplikasi evernote saya. Baru dapet kesempatan buat bikin ketika liburan panjang minggu lalu. Di hari minggu cerah ceria, walaupun ada cerita sedih kalo mami masuk rumah sakit kena tipes. Alhamdulillah sekarang udah pulang dan kondisinya sudah membaik.

Jadi ketika hari Sabtu saya sedang ada di rumah sebelum berangkat lagi ke rumah sakit, pagi hari saya sempetin eksekusi roti ini. Denger denger sih roti ini beneran super lembut, resep yang sering di share adalah resep Victoria Bakes. Resepnya sendiri saya simpan dari resep yang di share di mba Nina di blog nya.

Sebelumnya saya juga pernah posting resep roti menggunakan metode tang zong di sini. Hasil rotinya lembut banget, ga kalah sama roti yang di jual di outlet outlet bakery di Mall yang self service itu. Malah lebih lembut metode yang saya pakai. Saya dapet resep itu dulu di blognya mba Hesti.

Karena ga punya bread maker dan saya terlalu lelah ngulenin pake LG (lengan gede), seperti biasa saya masih setia menggunakan mixer Philips yang ulir. Ga makan waktu lama sih sekitar 10 menitan buat ngulenin adonan rotinya. Dan agak kaget juga ternyata secepat itu adonan bisa langsung kalis dan elastis. WAOW… Bentuknya juga cuantiiikkk. Ketika saya keluarkan dough nya dari bowl, dia langsung terlepas dan membentuk bulatan cantik. Ahaaaaiii… Saya rasa saya berhasil dan sudah menduga hasil rotinya nanti pasti bakalan lembut.

Resep killer soft bread

Awalnya saya mau bikin roti manis dengan isian selai, tapi karena udara dah mulai panas dan saya harus cepat pergi, akhirnya dough roti hanya saya bagi lima buletan dan saya taruh di loyang roti tawar. Dan jadi deh sekotak roti tawar (dengan sedikit manis) fresh from the oven. Walaupun saya lupa buat ngoles permukaan roti dengan bahan olesan tapi Duh seneng banget rasanya dapet resep killer soft bread ini.

Resep killer soft bread

Dijadikan roti tawar, hasil rotinya lembut pisan, pori-porinya cantik. Biasanya saya ga suka sama pinggiran roti yang berwarna coklat, tapi kali ini saya suka banget pinggiannya hehehehehe. Dan sepertinya resep ini akan menjadi andalan saya untuk membuat aneka roti.

Resep Killer Soft Bread

By Catatan Nina, modified by Bakingfoodie.com

260 gr tepung protein tinggi
3 gr ragi instan
30 gr gula pasir
1 butir telur yang ditambah susu cair hingga berat 170 gr
30 gr margarin (saya pake blue band)
1/4 sdt garam

Olesan :

1 butir telur, 3 sdm susu cair

Cara membuat :

  1. Campur tepung terigu, gula pasir, dan ragi instan hingga tercampur rata (saya di mixer kecepatan rendah)
  2. Masukkan campuran telur dan susu perlahan, mixer / uleni sampai kalis, kemudian tambahkan margarin dan garam. Mixer / uleni kembali hingga kalis elastis. Kalo saya sekitar sepukuh menit dengan mixer kecepatan rendah. Atau sampai adonan menjadi dough yang sudah tidak lengket dan menempel di baskom. Diamkan selama 30 menit hingga mengembang 2x lipat.
  3. Kempiskan dough-nya. Bagi dan timbang adonan, karena saya mau dijadikan roti tawar, saya bagi 5 dengan berat kurleb 98 gram masing-masing. Masukan ke dalam loyang roti tawar, diamkan selama kurleb 20 menit.
  4. Oven dengan suhu 170 dercel sampai matang. Keluarkan dari oven, panas-panas Olesi dengan bahan olesan (saya kelupaan hiks)

Resep killer soft bread

Jadi mau menikmati roti homemade sekarang ga susah kan. Dengan bahan dan cara yang mudah semua pasti bisa bikin roti. Next time kita bikin roti aneka rasa yuk. Happy baking teman-teman

Bakingfoodie

Resep Killer Soft Bread
Tag pada:            

2 gagasan untuk “Resep Killer Soft Bread

Tinggalkan Balasan