PicsArt_02-23-07.50.39-1
Saya selalu penasaran dengan jenis bolu yang satu ini. Gimana ngga, hasilnya kalau ngga bantet, ya mingkem alias ga mekar. Padahal step stepnya udah ngikutin plek. Ga ada bahan subsitute atau pengganti. Saya bukan tipe yang sok tau ganti resep dengan bahan pengganti juga sih kalau pertama kali bikin, kecuali resep itu sudah sering saya buat dan resep hapal diluar kepala. Tapi tetap ga berhasil juga menaklukan bolu kukus ini. Sampai akhirnya saya putus asa dan ga mau bikin bolu kukus model gini lagi #sad.
 
Belakangan di jejaring social media, muncul postingan bolu kukus semangka. Pertama kali lihat di postingan gambar dengan bahasa thailand. Namanya “Watermelon Steam Cake“. Modelnya sih boku kukus mekar tapi mekarnya itu seperti buah semangka yang dibelah. Warna dominan merah atau kuning seperti layaknya buah semangka. Lalu di antara warna merah itu ada bintik bintik hitam seperti biji semangka. Ditengah ada warna putih, dan terakhir warna hijau layaknya kulit semangka.
 
Ah tapi saya sudah hopeless lah bikin kue model begini. Apalagi disusun-susun warna, ga bisa banget. Saya baca resepnya sepertinya mudah sih. Jadi untuk sementara saya save dulu resep dan gambarnya sambil ngayal bisa bikin hehehehhe.
 
Tapi yang namanya penasaran emang ga bisa jauh jauh dari saya. Saat lihat resep lalu tangan gatel pengen uji coba. Tapi seperti biasa, kalau bikin siapa yang makan? Yah tapi mikir belakangan aja deh itu mah. Yang penting kalau uji resep bolu kukus mekar, bisa mekar ketawa ga nih bolu.
 PicsArt_02-23-07.47.23-1

Jadi akhirnya saya mulai mengerjakan bolu kukus ini sepulang kantor, mulai jam 8 malam dan baru selesai jam 9 malam. Cepet juga bikinnya yaaahh. Iyalaaah, wong cuma bikin 1/3 resep doang kok hihi. Dan jadi 9 cup yang ukuran sedang. Karena ini hanya uji coba jadi jumlah ga penting. Yang terpenting adalah hasilnya. Dan saya BERHASIL !!!! Saya berhasil bikin bolu ini ketawa ngakak hahahhahaha. 

Betapa senangnya hati ini, akhirnya bisa menaklukan bolu kukus mekar. Terimakasih yang sudah punya resep, eda Dame Tobing yang resepnya udah saya simpen lama tapi baru sekarang berani bikin hihihihi.
 
Berhubung saya berhasil buat bolunya di 1/3 resep, jadi saya tulis resepnya 1/3 yah. Saya belum nyoba yang 1 resep. Jadi kalau mau bikin 1 reeep silahkan dikalikan 3.
 
Bolu kukus Mekar
By Dame Tobing
Modified by Liza
Bahan A:
  • 83 gr gula pasir
  • 83 gr tepung terigu sedang atau kunci biru untuk hasil yang lebih lembut 
  • 1 btr telur ukuran sedang
  • 53 ml sprite
  • 1/4 sdt vanilli bubuk
  • Pewarna makanan merah, kuning dan hijau 
  • Meises secukupnya
Bahan B :
  • 6 gr SP
 Cara membuat :
 
  1. Kocok all in one smua bahan A slama 5 menit (harus 5 menit, gunakan timer ya)
  2. Tambahkan bahan B, kocok terus hingga adonan kental mengembang (3x dari adonan awal) kurleb 15mnt (step ini saya ga ngitung timer, tapi emang agak lama, sampai kental dan agak putih)
  3. Bagi 3 adonan sama banyak, 1 bagian beri pewarna merah dan beri taburan meises aduk rata (untuk semangka merah),  1 bagian lagi beri pewarna kuning lalu taburkan meises aduk rata (untuk semangka kuning), 1 bagian lagi dibagi menjadi 2 bagian sama rata, beri pewarna hijau (masukkan dalam piping bag)dan yang separuh lagi biarkan tetap putiih (masukkan dalam piping bag). (Untuk step ini saya hanya bagi warna menjadi 2, merah dikasih meses dan sebagian diberi warna hijau)
  4. Tuang adonan merah atau kuning pertama2 hingga 3/4 tinggi kertas cup, lalu semprotkan merata diatasnya adonan putih dan terakhir semprotkan adonan hijau diatasnya hingga merata juga, kukus selama 10 mnt dgn api besar, angkat.

IMG_20160222_222027-1

Dari yang saya pelajari, kunci dari mekarnya bolu adalah : 

  • Pada pengocokan step 1, adonan memang agak cair, tapi jangan khawatir karena adonan pakai sprite jadi emang cair. terus mengocok sampai 5 menit ya. 
  • Pengocokan step 2 harus benar benar kental dan mendekati putih. Saya mengocok memang ga pakai timer tapi lumayan lama, sampai adonan agak sulit di kocok, seperti bergumpal di satu tempat.
  • Sementara sedang lroses pengocokan, dandang/kukusan harus sudah dinyalakan alias dipanaskan sampai benar-benar mendidih dan uapnya banyak. 
  • Pada saat pengukusan jangan terlalu banyak menaruh cup bolu. Biarkan agak renggang supaya uap menyebar rata. Jangan lupa tutup dandang harus di bungkus serbet bersih.
  • Buat yang pakai klakat usahakan airnya agak banyak dan pakai api besar. 
  • Dan terakhir jangan lupa berdoa dan yakin kalau bolunya akan tertawa ngakak hihihihi
 
Jadi selamat mencoba yah ^^♡
Liza – Baking Foodie
 
 
Bolu Kukus Mekar
Tag pada:    

3 gagasan untuk “Bolu Kukus Mekar

  • Februari 24, 2016 pukul 2:12 am
    Permalink

    cantik banget bolu kukusnya Liz, salut deh bisa bikin yang model begini. hihihi ak beraninya bikin yg polos2 aja . cakep

    Balas
  • Februari 24, 2016 pukul 3:47 am
    Permalink

    Wkwkwkwkwk makasih mba sash. itu harusnya ada 3 warna, di tengahnya ada warna putih. Cuma kelupaan karena ragu bisa mekar pa ngga. Emang bikin deg2an nih bolkus mekar gini hahahha

    Balas

Tinggalkan Balasan