Saya pikir ga akan bikin cookies ini lagi. Proses pemanggangan 2x lumayan bikin males kalo cuma ngebayanginnya. Tapi keinginan nggigit cookies ini kuat banget, tapi sayang belum sempet bikinnya. Padahal enaaakkk banget menurut saya kalo buat cemilan sambil ngeteh di hari yang hujan sambil menatap laptop dan ngetik2 sedikit puisi (loh?!)  Hehe jadi menghayal deh :))

Ini ibaratnya seperti pucuk di cinta ulam tiba, ketika lagi buka fb dan muncul postingan dari mba Nina Agustin bahwa PR LBT bulan November adalah Biscotti. Wah !!! Langsung loncat kegirangan dan segera buka grup LBT.

Kebetulan hari minggu dan lagi ga ada kerjaan dirumah (lagi nonton korea ceritanya) langsung buka resep dibuku “sakti” resep biscotti yang dulu pernah dicoba. Kata temen dulu biscottinya enak. Padahal bahannya minimalis. Jadi sekarang bikinnya pake resep itu aja. Beberapa bahan saya subtitute dan ada juga yang saya tambahkan. Di modifikasi ceritanya, tp resep ini saya lupa dapet dari mana. Yang jelas, enak !! No doubt !! :))

Biscotti
Modifikasi by Liza Chan

100 gr butter (ini saya ganti dengan margarin cake & cokies)
100 gr gula pasir halus (saya gulpas diblender aja)
220 gr tepung terigu prot. Rendah
1 butir telur
3 gr baking powder
Sejumput garam
25 gr keju edam (parut)
2 sdt bubuk almond

Cara membuat :
Panaskan oven 160 dercel. Siapkan loyang uk. 24×24 yang dioles margarin dan dialas kertas roti

Kocok butter/margarine dan gula halus sampai lembut, masukan telur dan garam kocok sampai rata.

Campur terigu dan baking powder, ayak dan masukkan kedalam adonan butter.

Masukkan parutan keju edam dan bubuk almond. Aduk rata. Bagi 2 bagian. Bentuk gulungan tebal 1.5 cm. Taruh di loyang, panggang kurleb 45 menit.

Keluarkan dari oven dan biarkan dingin selama 10 menit. Iris miring setelah 1 cm dan letakkan kembali diloyang. Panggang 30menit sampai kering atau matang.

Note : hasil biscottinya kalau menggunakan margarin akan berbeda teksturnya. Kalau pake butter teksturnya lebih lembut. Kalau pake margarin agak kasar dan pori2nya lebh besar. Tapi kalau rasa saya rasa sama saja.

Happy Baking 🙂

Biscotti Cheese and Almond
Tag pada:            

Tinggalkan Balasan