C360_2015-10-18-19-53-39-877-2

Bingung mau bawa bekal apa buat hari senin besok. Stock Nugget dan sosis dah menipis. Lagian mulai bosen banget lunch bekalnya nugget dan sosis. Waktu bilang ke mami bawa sering bawa bekal itu, langsung deh dilarang jangan sering-sering. Eh dari belakang si papi langsung ikutan ngelarang. Katanya banyak pengawetnya. Iya juga sih, tapi walaupun bikin nugget sendiri pun teteeeuuuuppp bosen.

 Pernah kreasiin bekal telur dibikin tamagoyaki, enak tapi jadi bosen juga makan telur. Biar sering bikin kue, tapi kalo masakan rasanya ga banget deh buat gw. Secara masak itu harus pake bumbu bumbu, yang belum tentu ada di dapur. Kalau terigu, gula, telur dan baking powder sih selalu ada di lemari hahahahahaha.
Nah, mami itu kan kebetulan usaha kathering rumahan. Jelas donk pinter banget masaknya, dan enak pula. Kalau kebetulan lagi ke Bekasi, jadi betah karena bisa makan enak tanpa harus ngocek dompet lebih dalam. Sehat dan bersih pula. Pokoknya dijamin deh kehalalannya dan kebersihannya.
Menu-menu seperti sayur-sayuran, lauk pauk ikan, ayam, dan daging, semua enak enak. Apalagi sop iga mami, haduuuhhhh ga cukup nasi sepiring hiks hiks hiks.
Waktu itu pernah suatu kali mami masakin kathering khusus buat anak-anak. Namanya Ayam Kecap, kata mami, bundanya si anak sampe heran, tuh anaknya kalau makan pake ayam kecap mami makannya selalu nambah. Dan tiap hari minta dibikinin. Dan pas nyobain emang enak bangeeeettt. Gw emang yang dasarnya suka ma kecap ya betah lah duduk didepan meja makan kalau udah ada ayam kecap itu hahahahaha. Akhirnya pas sempet bantuin mami masak di dapur, dan pas mami lagi bikin ayam kecap, sambil tanya, sambil liatin jadi tau deh cara bikinnya.
Resep ini pake ilmu kira-kira. You know lah, kalo masakan itu susah ditakar-takar bumbunya. Beda halnya kalau baking kue yang harus pas takarannya, atau kuenya jadi bantet hehehehe.
Jadi dikira-kira ya sambil di dicicipi rasanya. Gw nulis Intinya saja, apa aja sih yg bikin ayam kecap yang biasa ini menjadi endeuusss rasanya.
Ayam Kecap ala Mami
* Bahan rendaman :
1/2 ekor ayam
Garam
Gula
Penyedap rasa (gw pake royco)
Bawang putih
Lada
* Bahan tumisan
Bawang putih (di geprek atau di iris)
Bawang Bombay (iris tipis)
Kecap manis
Kecap inggris (gw ga pake, ga punya)
Saus tiram (gw ga pake)
Minyak goreng
Margarin (gw pake blue band)
Cara membuat :
* taruh ayam di wadah, masukkan bumbu rendaman, campur jadi satu sambil ditekan tekan ayamnya supaya bumbu meresap. Sisihkan dan diamkan 30 menit
* panaskan minyak goreng, masukkan margarin dan biarkan meleleh.
* masukkan ayam yang sudah di rendam tadi sampai matang tapi tidak terlalu kering (asal udah matang)
* angkat ayam, tiriskan dan sisihkan
* tumis bawang putih dan bawang bombay sampai matang kecoklatan
* masukan kecap manis, masak sampai ber-karamel ( biasanya ditandai dengan buih yang muncul)
* jika sudah meng-karamel, masukkan ayam, aduk aduk sebentar dan angkat.
* ayam kecap siap di nikmati… Yuuummeeeh deh
Gampangkan bikinnya ^_^
Sekali lagi, semua bumbu dikira-kira aja. Takaran sesuai insting. Buat yang biasa masak pasti tau deh takarannya.
Alhamdulillah tadi bikin ga keasinan dan pass rasanya. Jadi besok senin tinggal di panasin di microwave deh.
Happy cooking 🙂
Liza
Ayam Kecap ala Mami
Tag pada:    

Tinggalkan Balasan