resep american risoles
resep american risoles

Jadi resep american risoles ini saya modifikasi dari beberapa sumber resep american risoles di beberapa blog masak, salah satunya blog kalis kukis. Terigu yang di gunakan untuk membuat kulit risoles adalah terigu dengan protein tinggi. Biasanya terigu jenis ini digunakan untuk membuat roti dan mie. Dulu saat saya sering membuat risoles rougut, saya selalu menggunakan terigu protein sedang atau biasa di kenal dengan terigu serba guna. Namun pada saat di buat, selalu robek dan pecah-pecah, makanya saya coba cari alternatif lain. Nah berdasarkan info yang saya dapat dari beberapa blog masak itu, penggunaan terigu protein tinggi untuk risoles di maksudkan agar kulit menjadi lebih elastis. Dalam resep ini saya juga menggunakan baking powder, ga banyak sih cuma 1/2 sdt, fungsinya untuk melenturkan kulit agar tidak sobek pada saat di lipat.

Karena saya sudah tidak punya wajan kewalik atau wajan crepes, saya menggunakan wajan teflon ukuran 18 cm (punyanya cuma yang segitu, harusnya sih yang ukuran 20 cm). Pas kebetulan memang wajan teflon itu tidak pernah saya gunakan untuk masak sehari-hari, khusus di gunakan hanya untuk membuat crepes atau western pancake saja. Jadi ketika membuat kulit pun adonan tidak menempel di wajan. dan matangnya pun sempurna, saat pinggiran sudah mulai coklat dan mudah untuk di goyangkan, kulitpun sudah matang dan bisa di tumplek di wadah/piring. Cukup diamkan 30 menit lalu adonan siap di gunakan.

resep american risoles
kulit in the wajan

By the way, membuat risoles ini pun saya kena Panic Attack. Panic Attack menurut versi saya adalah suatu kondisi dimana ada pekerjaan yang lupa saya kerjakan terlebih dahulu dan harus siap sebelum melakukan pekerjaan lain. Misalnya ketika sedang mixer adonan cupcake lalu saya lupa belum mengeluarkan telur dari kulkas, padahal adonan sudah di mixer hehehehe.

Gimana ngga panik, karena keasikan bikin kulitnya yang bisa mulus dan gampang di lipat, loh kok isiannya ada yang kelupaan. Yesss saya lupa merebus telur ayamnya. Padahal mayonaise, keju melt, dan smoke beef-nya sudah siap di atas meja. Saya pakai kompor portable sih, jadi semua pekerjaan bisa langsung di kerjakan di atas meja makan. Loalah, akhirnya sambil nunggu kulit yang baru saya tuang di wajan mateng, saya buru-buru nyuci telur dan langsung di rebus di kompor dapur belakang. Fiuh~ aman deh… eeehh tapi pas balik ke depan, kulit risol yang tadi saya tinggal malah kematengan (untungnya ga gosong), walhasil berakhir ke dalam mulut saja deh hehehe.

resep american risoles
masih 1/2 jalan. belum dikasih tepung roti

Oh ya, pada saat membuat kulit, jangan lupa untuk mengaduk adonan dahulu sebelum di sendok tuang ke wajan. Karena semakin lama adonan akan akan turun, lalu saat kita menyendok bagian atas tanpa di aduk dulu, maka yang akan di tuang ke wajan adalah adonan yang cair. Jadi ada baiknya, di aduk dahulu baru di sendok ya. Karena kemarin saya lupa mengaduk, jadi beberapa kulit jadi pecah dan sobek, akhirnya tak bisa di pakai. Resep american risoles yang saya gunakan ini bisa menghasilkan 20-25 kulit risoles, tergantung dari tebal / tipisnya adonan saat di tuang di wajan.

resep american risoles

Resep American Risoles

modified by Bakingfoodie

Kulit Risoles :

250 gr tepung protein tinggi (saya pakai Golden Eagle @dapurinovasibungasari)
1 sdm susu bubuk
1/2 sdt garam
500 ml air
1 sdt baking powder
1 butir telur
1 sdm minyak goreng

Isian :

Smoke Beef (potong sesuai selera) – Saya pakai beef pepperoni yang bulat tipis
Keju Melt potong kotak (Saya Pakai Kraft)
Mayonaise  (Saya pakai Mama Suka Pedas)
2 butir Telur rebus potong kecil (sesuai selera)

Lapisan luar :

Putih telur, atau bisa di ganti dengan :

50 gr tepung terigu
60 ml air
Tepung roti

Cara Membuat :

  1. Kulit risoles – campur tepung terigu, susu bubuk, baking powder, garam, aduk. Buat lubang di tengah. Taruh telur aduk rata.
  2. Masukkan air sedikit demi sedikit sampai air habis, sambil di aduk hingga tidak bergerindil. Saring. Diamkan 30 menit
  3. Masukkan minyak goreng, aduk rata.
  4. Buat dadar di teflon anti lengket, masak sampai matang (dadar bisa langsung di tuang ke piring)

Penyelesaian :

  1. Ambil 1 lembar dadar, taruh smoke beef, telur rebus, keju melt dan mayonaise. Lipat / gulung.
  2. Masukkan ke adonan lapisan luar, angkat letakkan di wadah tepung roti. Lumuri rata.
  3. Biarkan sejenak di kulkas. Goreng.
  4. Siap di nikmati

American risoles ini bisa juga di frozen loh. Jadi setelah di lumuri tepung roti, taruh di wadah tertutup lalu masukkan ke freezer untuk bertahan kurang lebih 1 bulan dan 1 minggu jika di taruh di bagian bawah (fridge).

resep american risoles

Happy cooking chef

Bakingfoodie

Resep American Risoles ala Baking Foodie

4 gagasan untuk “Resep American Risoles ala Baking Foodie

  • September 14, 2016 pukul 8:11 am
    Permalink

    Paling serem pas bikin kulit. Ada sih yg udah jadi tapi pasti bikin sendiri lbh puas ya mbaaa.

    Balas
    • September 14, 2016 pukul 8:32 am
      Permalink

      Benuuul. Bikin deg2an takut sobek dan ancur. Tp bikin sendiri lebih puas dan lebih dapet banyak. Abisnha Harga satuan amris paling murah 6K hiks

      Balas
  • September 22, 2016 pukul 2:46 am
    Permalink

    enak banget ini.. tantangannya tuh pas bikin kulitnya ya, aku belum pernah nyobain bikin sendiri soalnya jadi penasaran mau coba bikin juga ah 😀

    Balas

Tinggalkan Balasan