resep-puding-rotiPuding Roti Keju Vanila ini bisa menjadi alternatif menghabiskan sisi roti tawar yang hampir expired dan untuk yang bosan dengan sajian roti dan selai.

Pernah ga beli roti tawar lalu hanya terpakai beberapa lembar dan sisanya teronggok di kulkas atau bahkan harus terbuang karena jamuran? Saya sering, sebenarnya bukan boros dan mau mubazir, tapi kadang suka lupa beli roti untuk bekal ke kantor atau untuk sarapan weekend, dan lupa dengan expired datenya lalu terbuang dengan percuma. Google punya banyak resep untuk mengolah sisa roti itu menjadi panganan yang enak dan ga ngebosenin. Salah satunya adalah resep puding roti. Dan kali ini saya mau share resep puding roti yang terinspirasi dari resep Tripple Chocolate Bread Pudding punya Mba Eliza Messy-Corner di Instagram. Tapi berhubung roti yang saya punya adalah roti tawar putih, jadi resepnya di modif sedikit. Kebetulan ada stock keju slice di kulkas, jadi deh di jadikan campuran ke puding. Rasanya, manis, gurih dan lembut.

resep-puding-roti

Karena sisa roti yang saya punya juga masih banyak, saya buat 2x resep yang ada. sehingga hasilnya lumayan banyak untuk dijadikan bekal dan berbagi dengan teman di kantor. Puding ini enak disajikan dingn atau panas. Kalau mau di nikmati dingin, sesuai uap hilang, bisa langsung di taruh kulkas. kalau mau di nikmati panas, tinggal di masukan microwave sebentar lalu bisa langsung di nikmati. Kalau saya lebih suka dingin.

Resep Puding Roti Keju Vanilla

Modified by Bakingfoodie.com

Bahan

8 lembar Roti Tawar, potong kotak atau bisa tanpa di potong
500 gram Susu cair
160 gr Whipcream Cair
5 1/2 sdm Gula Pasir
4 lembar Keju cheddar slice
3 sdm butter salted – lelehkan (jika menggunakan unsalted, tambahkan sejumput garam dalam adonan)
4 butir telur utuh
1 butir kuning telur
1 sdt vanilla extract
Almond
Kismis

Cara Membuat

  1. Siapkan oven suhu 180•
  2. Tata sebagian Roti tawar di aluminium foil, atau pinggan tahan panas yang telah di oles margarin. Lalu tata rotinya. Sisihkan
  3. Kocok telur menggunakan ballon whisk, lalu masukkan whipcream cair hingga rata.
  4. Masukkan susu cair dan gula pasir kedalam adonan telur, lalu aduk hingga gula tercampur rata.
  5. Masukkan vanilla extract, dan terakhir masukkan butter leleh. Aduk rata
  6. Tuang sebagian adonan ke dalam tatanan roti.
  7. Letakkan keju slice secara merata diatas roti yang sudah dibasahi adonan.
  8. Tata kembali sisa potongan roti
  9. Tuang kembali adonan sisa diatas roti sampai habis.
  10. Taburi dengan almond dan kismis
  11. Panggang Puding Roti selama ± 45-50 menit atau sampai matang

Pada waktu pemanggangan, adonan roti akan membumbung tinggi, jangan khawatir teruskan memanggang sampai selesai. Setelah keluar dari oven, puding akan mimpes dan apabila di dinginkan di kulkas puding akan menjadi Set .

Semoga bermanfaat ya resepnya.

Happy Baking ^^

 

Puding Roti Keju Vanilla
Tag pada:        

Tinggalkan Balasan