pangkep 33

Beberapa minggu lalu saya mendapat kesempatan lagi untuk mencoba menu baru di restaurant Seafood  di daerah Pluit yaitu Pangkep 33. Kalo dari rumah saya yang di Selatan Jakarta sih lumayan jauh banget, karena Pluit ada di daerah Jakarta Utara. Karena saya lagi seneng naik Bus Transjakarta, jadi menuju ke Pluit saya mulai dari Transjakarta koridor 8 Lebak Bulus – Kota. dari Lebak Bulus saya turun di Grogol 1 untuk transit, dan melanjutkan naik Transjakarta kembali menggunakan Bus jurusan Pinang Ranti-Pluit.

Gak memakan waktu lama, saya turun di shelter Penjaringan. Menurut info dari situ saya harus naik angkot merah 01 dan turun langsung di depan Pangkep 33. Nah karena saya ga tau dimana letak resto Pangkep 33 (walaupun sudah menggunakan Google Map) saya di bawa angkot ke Muara Karang (belakangan saya baru tahu kalau disitu adalah Muara Karang). Dan yeah, saya nyasar !!! karena waktu sudah  menunjukkan pukul 11.00 siang (oh btw saya dari rumah jam 09.00 pagi) akhirnya saya turun di tengah jalan, kalau ga salah disitu Apartemen atau Mall begitu, saya kurang paham dan saya melanjutkan perjalanan menggunakan Ojek Online. dan akhirnya dengan penuh perjuangan di siang bolong, akhirnya saya ketemu restaurant Pangkep 33 ini, yang TERNYATA ga jauh dari shelter penjaringan -_-” ah kali ini benar-benar perjalanan panjang yah. any way saya bersyukur banget bisa dateng kesini, ga sia-sia datang dari jauh sampai nyasar dapat menikmati makanan yang lezat ini.

Nama Pangkep sendiri diambil dari nama sebuah daerah di Sulawesi Selatan, dan angka 33 berasal dari tanggal lahir istri Bapak Irwan Kaley pemilik restaurant seafood makassar ini. Konon dulu sebelum menjadi restaurant sebesar ini, Pangkep 33 adalah sebuah warung tenda kecil di Jl. Biak, daerah Roxy yang berdiri sejak 1980 dengan menu andalannya Kepiting Lada Hitam.

pangkep 33

Resto yang bertempat di Pluit ini memiliki 2 lantai. lantai 1 merupakan ruang terbuka dan lantai 2 memiliki ruang private ber AC dan juga ada ruang balkon, yaitu meja yang kayu besar yang berada di luar. jadi kalau semisal ada acara dengan keluarga besar, beberapa ruangan di atas mungkin bisa dipakai. Dengan lokasi yang berada di pinggir jalan, dan halaman parkir yang lumayan luas, akses menuju Pangkep 33 pun menjadi semakin mudah.

pangkep 33

Menu Pangkep 33

Yang pasti menu Pangkep 33 adalah semua serba Seafood. Makassar terkenal dengan masakan seafood yang top markotop, bumbu bumbunya semua khas.

Dimulai dengan makanan pembuka, Lumpia. Siapa sih yang ga kenal sama penganan satu ini. Kulit spring roll yang kalo di goreng berasa crispy dengan isian sayuran dan ada udangnya, apalagi dicocol dengan saos merah yang pedas. Hmmmm menambah nafsu makan sih hihihi.

Pangkep 33

Dan untuk makanan utama Pangkep 33 punya menu baru. Tau ikan Kudu kudu? Saya juga baru tau nama dan bentuk ikan itu ya pas ke Pangkep ini. Bentuk ikannya tuh jelek, asli ga menyenangkan banget. Bentuknya hampir kayak monster di film film animasi gitu. Mulutnya lucu, kulitnya keras mungkin lebih keras dibanding kepiting. Dengan badan yang hampir berbentuk persegi panjang ini, siapa yang ngira kalo dagingnya tuh banyak. Ikan ini dimasak dengan campuran telur asin, kemudian di selimutin crispy terigu, rasanya ENDEUS banget, enak pokoknya. Mungkin karena saya suka aroma dan rasa dari telur asin, jadi berasa banget gurih dan wangi dari telur asinnya. Ikan Kudu Kudu  goreng Telur asin ini very recommended.

pangkep 33

Ikan Kudu-kudu & Kepiting (kalau sudah mateng jadi favorite deh)

pangkep 33

Selain Ikan Kudu Kudu yang menjadi menu baru andalan Resto Seafood Pangkep 33 ini, ada juga Ikan Aji Aji Bakar sambal Rica, ada juga Cumi Goreng mentega dan Kerang Putih masak Tauco yang ga kalah enak rasanya.

pangkep 33

Dari atas kiri – Ikan Kudu kudu goreng telur asin, Kerang Putih masak tauco, Cumi goreng mentega, Ikan Aji-aji bakar sambal rica

pangkep 33

Ga cuma mengandalkan lauk pauk berupa olahan seafood yang mantap dan mak nyoss , Pangkep 33 juga menyediakan aneka olahan sayuran. Yang kemarin sempet saya coba adalah Sayur Asem dan Sayur Bunga Pepaya. Sejujurnya saya ga pernah doyan sayuran yang setahu saya punya potensi ada rasa pahitnya, buat saya daun dan bunga pepaya itu asli pahit banget. dan emang saya ga pernah makan itu. Tapi ketika di Pangkep 33 saya di suguhin sayur bunga pepaya, awalnya saya nolak karena ga doyan, eh tapi penasaran sih karena katanya ga pahit. Akhirnya saya coba dan beneran ga pahit loh. Jadi sayur ini bisa menjadi alternatif menu sayuran jika ingin varian yang berbeda.

pangkep 33

sayur asem & sayur bunga pepaya

Untuk Dessert, Makassar terkenal dengan dessert Es Palubutung. Nah di Pangkep 33 juga ada menu itu. tapi disini beda penyajiannya. Biasanya es palubutung itu di kan pisang yang di bungkus dengan semacam lembaran pancake/kulit warna hijau kemudian di campur dengan sirup dan es serut. Nah di Pangkep 33 ini, Es Palubutung disajikan dengan bubur sumsum yang di campur dengan sirup merah dan es serut lalu di topping dengan pisang. Rasanya? buat penyuka bubur sumsum, es ini unik dan enak, rasa yang tidak terlalu manis dan tidak menimbulkan rasa eneg.

pangkep 33

Harga ?

Seperti halnya restaurant seafood, harga makanan di pangkep 33 adalah berdasarkan gram/ons dari ikan yang kita pilih. Ga usah takut mahal, Pangkep 33 masih terjangkau kok harganya, mulai dari 10ribuan / ons

Dan untuk melestarikan kuliner seafood Makassar ini, Pangkep 33 membuka peluang usaha loh buat kita-kita yang mau berwirausaha. Dengan memberikan Francise kepada khalayak ramai dan umum. Untuk keterangan lebih lanjut yuk dibuka linknya di sini 

Lokasi

Untuk menikmati hidangan seafood enak ini, ga perlu jauh-jauh ke pluit kalau rumah kebetulan jauh dari sana. Pangkep 33 sudah hadir di Batu Ceper,  FX Mall lt. 5 (eat n eat) Sudirman, Summarecon Mall Serpong, Food Center 789 Kebon Jeruk dan Central Park Mall.

pangkep-33

 Semoga bermanfaat ya infonya

see ya

BF

Pangkep 33, Dari Tenda Kecil Menuju Franchise
Tag pada:                

4 gagasan untuk “Pangkep 33, Dari Tenda Kecil Menuju Franchise

  • April 27, 2016 pukul 3:14 am
    Permalink

    gimana tu ya cumi goreng mentega? kita pernahnya nyicipi udang goreng mentega 😀

    Balas
    • April 27, 2016 pukul 3:31 am
      Permalink

      Hahahahaha iya cuminya beda, entah gimana cara masaknya (rahasia kalo ini katanya) tapi bumbunya lumayan enak sampe tetesan terakhir di piring hahahhahaha

      Balas
  • Mei 19, 2016 pukul 7:53 am
    Permalink

    wahh aku jadi kangen pengen makan ikan kudu-kudu… kudu dimakan segera 😀

    Balas
    • Mei 19, 2016 pukul 8:02 am
      Permalink

      Duh kudu kudu itu enak banget mba. Apalagi cara masaknya kekinian banget. Pake telur asin. Nyam.. Nyam… #jadilaper hahaha

      Balas

Tinggalkan Balasan