NJresep-mie-godog-jawaYay, sudah mendekati akhir Maret 2016 aja. Seperti biasa di setiap bulannya selalu ada cook challenge dari grup IDFB (Indonesian Food Blogger). Kali ini temanya “Remake” membuat makanan yang pernah kita makan atau kita review. Sebenarnya dari awal challenge di posting, sudah mulai mencari foto-foto yang pernah saya makan atau review di beberapa restaurant, tapi kan saya ga bisa masak yah, jadi agak sulit untuk meniru makanan itu kalau saya masak sendiri. Hands Up deh kalau soal masakan, apalagi yang ribet-ribet dan pakai bumbu masak. Wuih, bendera putih aja deh kakaaakkkk….

Lalu setelah buka koleksi foto, saya berpikir untuk membuat spagetti (ah kalo ini mah saya biasa bikin kalau weekend) ala resto gitu, Biasanya saya cuma rebus spagetti, lalu saus bolognaise-nya beli yang instan, hihihii.. teteuupp ga mau ribet. Nah kalau ala resto yang saya pernah makan, ada meatball atau white cream gitu yang di siram di diatas spagettinya. Dengan rasa gurih yang bikin cepet kenyang (kalau menurut saya sih).

Dan tapi akhirnya saya pun batal bikin spagetti atau pasta yang lain (tadinya juga mau bikin lasagna, mac & cheese). Lalu sempet kepikiran bikin Lava Cake, kebetulan lagi ada fotonya, dulu waktu acara IDFB juga di Tenten resto di Plaza Indonesia beberapa tahun lalu #eh. Karena kebetulan semua bahan ada, dan coklat blok di rumah juga belum terpakai, masih utuh hiks hiks. Makanya sebelum kadaluarsa, maunya sih saya pakai dulu gitu, sekalian uji resep choco lava cake. Tapi lagi-lagi saya urung niat bikin lagi karena, setelah tanya sana sini, jadi lava yang ada dalam cake itu adonan yang setengah matang. Duh ga selera banget makannya kalau setengah matang gitu. Info dari Ibu guru Vania, melted lava itu bisa di dapat dari ganache. Kan kalau ganache kena panas dia akan meleleh, tapi ya pas melelehnya itu ga akan meleleh seperti adonan setengah matang tadi. Waktu saya di Tenten itu saya ga pesen yang lava cake sih. Saya pesennya brownies atau Redvelvet brownies gitu yang diatasnya ada es krim dan disiram coklat cair, ah membayangkannya saya jadi kepengen lagiiiii…. stop berkhayal yah !!!

Oke, dan ketika akhirnya lava cake pun pupus sudah untuk di remake, saya buka album lagi. Dan saya tidak mendapatkan ide lagi untuk membuat challenge remake ini. Sampai akhirnya kemarin siang, saya mendapatkan ide untuk membuat yang aneh-aneh.

resep-mie-godog-jawaApa itu yang aneh-aneh? Bukan sesuatu yang mengerikan sih, tapi buat saya “wow” bingit kalau bikin makanan ini. Kebetulan saya pernah makan di suatu rumah makan dan saya juga masih penasaran cara bikinnya. Sang pemilik resto, yang kebetulan saya juga kenal tidak bisa memberi tahu bagaimana dan apa resepnya membuat makanan ini. Rahasia dapur katanya, dan saya pun ga pernah bertanya lagi apa resepnya, saya cuma icip dan makan sajah.

Jadi dulu saya sempat browsing dan mencatat resepnya, tapi belum sempet bikin karena rada ribet sih. Ya iya lah ribet, secara yang dicatat resepnya adalah MIE GODOG JAWA. Tahu kan mie godog jawa itu? Godog adalah bahasa Jawa yang dalam bahasa Indonesia artinya adalah Rebus, biasanya mienya agak lebih tebal dibanding mie biasa. Mie-nya mirip dengan Soba Mie Jepang Kalau mau enak dan lebih berasa ke-djawa-annya, harus bikin sendiri.  Kalau beli hmmmm rasanya akan berbeda dan kurang sreg gitu (kalo saya sih).

resep-mie-godog-jawa

Ternyata oh ternyata, waktu bikin mie, saya dengan sok taunya ga baca resep. Seingatnya saya pernah baca aja sih. Saya memasukkan ragi 1/2 sdt di dalam adonan mie, emangnya mau bikin roti??!!  hiks hiks. Tapi karena sudah terlanjur di ulenin dan sudah kalis, ya sudah lah saya biarkan saja. Nasi sudah  menjadi bubur kakaaaakkk… hehehehhehe.

Ya udah sih, adonannya mau ga mau ya di giling saja. Berhasil atau tidak ya kita serahkan pada Yang Maha Kuasa. Yang penting saya sudah berusaha, kalaupun gagal, paling juga saya kapok dan ngambek sendiri ga mau bikin lagi hihihihih.

Dan akhirnya saya ngeluarin gilingan mie lagi setelah beberapa tahun. Ini kali kedua saya pakai lagi gilingan mienya. Saya agak-agak trauma sih. Dulu waktu pertama beli, saya pakai buat bikin cheese stick. Tapi entah karena rusak atau karena belum “kenalan” dengan mesin itu, hasilnya gagal total !! Adonan cheese stick yang seharusya panjang mulus, jadi bengkok tak terkira bentuknya, bahkan nempel di gilingan. Dari situ saya kapok lah pakai mesin itu, dan sempet kepikiran mo dikasih aja ke orang lain. Eh tapi masih berasa sayang sih, Agak nunggu lama buat saya bisa beli mesin itu 🙁

Dan ternyataaaaaa… setelah bersusah payah menggiling dengan bercucur keringat, akhirnya saya bisa bikin nyetak mie-nya. Setelah semua selesai di bentuk mie, saya langsung rebus dan bentuknya jadi bagus donk. Dan untuk ragi yang sudah terlanjur masuk, ternyata tidak berpengaruh pada rasa, malahan membentuk mie menjadi lebih kenyal. Horeeeee… step pertama bikin mie, berhasil !! Dan ini resepnya yah…

mie-godog-djawa

Bahan Mie :

  • 250 gr tepung prot tinggi
  • 1/4 sdt ragi
  • sejumput garam
  • 3 sdm air
  • 2 butir telur

Cara Membuat :

  • Campur semua bahan menjadi satu,  uleni sampai kalis (tidak perlu sampai elastis)
  • diamkan selama 15 menit
  • Giling di cetakan mie, untuk gilingan pertama di gilingan halus, ketebalan 1, cukup 2-3 kali giling
  • Gilingan ke-2 langsung di  gilingan mie yang lebih kecil, lakukan sampai habis
  • mie yang sudah di cetak taburi dengan tepung supaya tidak lengket
  • Rebus mie, kurang lebih 1-2 menit. Sisihkan.
  • 1 adonan mie, bisa untuk 4 porsi

Bahan Bumbu Mie Godog  Jawa :

  • 1 butir ayam (1 porsi mie djawa menggunakan 1 butir telur)
  • 2 sdm kaldu ayam (dibuat dari 1 buah dada ayam)
  • 50  gr udang
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sdt gula pasir
  • ayam suwir (secukupnya) – dibuat dari 1 buah dada ayam
  • susu cair 1 sdm
  • daun bawang
  • 1/2 sdt lada
  • cabe iris

Note  1 : Bahan bumbu ini adalah untuk 1 porsi mie djawa. Khusus mie djawa, biasanya dibuat satuan, tidak sekaligus banyak.

Cara membuat Mie Godog Jawa :

  • Tumis udang, bawang putih, tambahkan garam, lada, dan gula pasir, masak sampai wangi.
  •  Tambahkan kaldu ayam dan telur, tutup dengan tutup panci, biarkan 5 menit tanpa di aduk
  •  Masukkan mie. diamkan sebentar lalu diaduk pelan.
  •  Taruh di mangkuk saji, tabur daun bawang dan irisan cabai

Note 2 : untuk Mie Goreng Djawa, tinggal di tambahkan kecap dan biarkan air agak menjadi kering

Semoga bisa di praktekan yah. Buat saya walaupun rasanya gak sama banget ama yang di resto, tetep enak donk ah, kalau buatan sendiri.

 

Happy cooking  ^^

Liza

Mie Godog Jawa – IDFB Challenge (Remake)
Tag pada:                

7 gagasan untuk “Mie Godog Jawa – IDFB Challenge (Remake)

Tinggalkan Balasan