ImutzCakes – Bolu Marmer Pak Sahak ramai dibicarakan di milis, karena memang sedang ada event ini. Jadi bersliweranlah macam-macam bentuk dan rupa bolu ini. Kebetulan saya gak mau ketinggalan event ini, jadi dengan penuh tekad (karena biasanya selalu gagal bikin marmer yang pake metode all in) saya pun memberanikan menunjukkan hasil marmer ini ke milis.
Harusnya bolu ini pake loyang tulban, berhubung saya ga punya macam-macam tulban, jadi saya pakai loyang 20x20x7. Bentuknya kotak bagus, dari foto-foto di milis jarang ada yang pake loyang kotak, hanya segelintir orang, termasuk saya hihihihi. Dari segi bentuk, yaaa okelah buat pemula (muji diri sendiri hihi)  hanya saja entah karena apa bagian coklatnya mendelep kebawah, jadi marmernya belum terlihat cantik. Dari segi rasa, wuiiiihh jangan di tanya, seddddapppp, lembut dan ga seret. Biasanya bolu panggang itu remahannya ga nguatin deh, selain beremah remah, bolu itu juga seret. Tapi bolu marmer ala Pak Sahak ini beda banget, lembuuuttt sekali. Bakalan jadi favorit nih buat cemilan sore sambil nge-teh atau ngopi ^_^. Berikut saya lampirkan resepnya yah untuk loyang yang saya buat :

Marmer Cake
by Pak Sahak Pribadi

6 butir telur
150 gr gula pasir
12 gr emulsifier
180 gr tepung terigu
18 gr tepung maizena
18 gr susu bubuk
120 gr margarin cair
60 gr minyak sayur
1 sdm bubuk coklat
Cara membuat
1. Panaskan oven 180’C (tergantung oven masing-masing ya)
2. siapkan loyang yang dioles tipis margarin dan di tabur rata terigu, sisihkan
3. Campur jadi satu margarin dan minyak, sisihkan
4. Dalam mangkuk campur semua bahan kering dan masukkan telur , kemudian kocok hingga mengembang kurleb 10 menit
5. Masukkan campuran margarin dan minyak, aduk balik hingga rata
6. Ambil 100 gr adonan lalu tambahkan coklat bubuk (pengalamanku adonan coklat ini jadi agak terlalu kental, jadi mungkin ini penyebab bagian coklatnya jatuh ke bawah. Ada yang menyarankan coklat bubuknya di seduh air panas sedikit, jadinya seperti pasta. lalu baru dicampurkan ke adonan)
7. Tuang 1/2 bagian adonan putih ke loyang. lalu tambahkan 1/2 bagian adonan coklat, coret-coret bentuk marmer dengan garpu atau lidi.
8. Tuang sisa adonan putih dan beri adonan coklat, sama seperti poin 7
9. Panggang selama kurleb 35-40 menit atau sampai matang (tes tusuk yah). Begitu matang langsung dikeluarkan dari loyang agar cake tidak menciut
Marmer Cake
Tag pada:        

Tinggalkan Balasan