Haaaaaggghhh akhirnya jadi juga ikutan IDFB Challenge #12. And this is my First Time !!! *Horeeeeeee lonjak lonjak girang putar kanan putar kiri joget ala Indiahe* – loh lebay deh :p
Emang bener apa kata orang, bersakit sakit dahulu bersenang senang kemudian, berpusing pusing dan berkeringat keringat dahulu, lalu kenyang kemudian hihihihi. Dari mulai dipukul Gong Idfb Challenge #12 udah mumet duluan mikir bikin apa ๐Ÿ™ secara ini yang jadi challenge jenis makanan east dan west (diam sejenak). Bayangkan saja harus membuat makanan dengan memadukan antara singkong dan Yogurt. Yang kepikiran cuma satu, pasti ada rasa asamnya. Ya iyalah, Yogurt itu kan fermentasi susu, pasti ada rasa asamnya. Apalagi Yogurt yang dipakai itu ternyata beraroma dan dengan rasa Strawberry.

Kebetulan waktu jalan-jalan ke Supermarket pas banget nemu Yogurt Heavenly Blush ini, gak pake babibu langsung comot aja deh, entah kapan mau dibikin makanannya. Intinya satu, Temukan dulu produk Yogurtnya. Jadi itu yogurt akhirnya udah sempet beberapa hari menginap dikulkas. Jadi ketika weekend beberapa minggu lalu (kalau ga salah 1 minggu setelah genderang idfb challenge diumumin)ย  mulailah saya bereksperimen dengan singkong dan yogurt ini. Setelah dapet singkong mentah di tukang sayur, mulai browsing cari-cari resep yang kira kira bahannya ada dan caaranya gampang (soalnya lagi baking blue waktu itu hihihi gayanya yah). Langsung deh kepikiran sama Sarikaya Ketan Pandan. Saya membayangkan ketannya itu diganti dengan singkong yang dihaluskan setelah dikukus, lalu dibuat lapisan sarikayanya. Santan yang seharusnya menjadi bahan utama dalam membuat lapisan sarikaya saya ganti dengan Yogurt Heavenly Blush ini. Saya dah kebayang dong dengan aroma strawberrynya ketika lapisan itu di gigit.

Singkat cerita ketika Lapis Sarikayanya sudah matang, aroma yang keluar wangiii sekali, memang ada harum strawberry dan lapisannya itu bisa mengembang cakep karena saya pakai cetakan sakura. Tapi oh tapi, saya tidak memperhitungkan lapisan singkongnya. memang cetakannya saya lapisi minyak, ternyata kuenya tidak bisa lepas dari cetakan ๐Ÿ™ entah kenapa. Apa karena singkong yang dihaluskan itu lengket yah? (lupa difoto saking sudah kecewa duluan hiks)

Jadi saya anggap percobaan pertama ini GAGAL TOTAL dan akhirnya yogurtnya saya minum saja sampai habis. Abis enak sih dan seger lagipula lowfat, jadi ga takuuuuttt hahahaha.
Gagal satu tumbuh seribu. Belum menyerah untuk menyatukan singkong dan yogurt ini, akhirnya saya mampir supermarket lagi untuk “nyomot” si Heavenly Blush ini. Dan karena saya sudah stock tape singkong, akhirnya saya putuskan untuk membuat PUKIS !!! ๐Ÿ™ tapi sayangnya saya ga punya cetakan pukis. Walau sebenarnya udah lama pengen nyobain bikin pukis ini (abis keliatanya membel-membel seksi gitu). Akhirnya saya cuma bisa pake cetakan kue lumpur hihihihi. Seperti biasa saya browsing resep di web langganan saya, www.sajiansedap.com dan akhirnya dapat juga resep Pukis Tape Singkong. Ada beberapa bagian yang saya modif. Karena disesuaikan dengan kebutuhan mempersatukan singkong dan yogurt ini :)) dan Pukis ini saya namain Kue PuSing Yo alias Pukis tape Singkong Yogurt !! (karena saya sampai pusing mikirin mo bikin apa challenge kali ini hihihihi)
Kue PuSing Yo alias Pukis tape Singkong Yogurt
Hasilnya? ENAK !! yay berhasil deh. Pukisnya membel, lembut, ga asam, dan yang jelas ga terlalu manis. Dan yang paling enak, dimakan saat masih hangat didampingi Yogurt Heavenly Blush. Muantaaap deh pokoknya.
ย Penampakan Heavenly Blush
Buat yang suka manis mungkin bisa ditambahkan kadar gulanya dari resep yang saya tulis dibawah ini
Kue PuSing Yo

Bahan-bahan/bumbu-bumbu :

Bahan:
1 sendok teh ragi instan
1 sendok makan air hangat
1/2 sendok teh gula pasir
2 butir telur
60 gram gula pasir
100 gram tepung terigu protein sedang
100 gram tape singkong
100 ml santan hangat(saya dari 50 ml santan kental + 50 ml air hangat)
50 ml Yogurt (tambahan dari saya)
2 sendok makan margarin, dilelehkan
1/4 sendok teh garam
50 gr keju dipotong persegi panjang

Cara Pengolahan :

  1. Larutkan ragi instan, air hangat, dan gula pasir. Diamkan 15 menit sampai berbusa.
  2. Blender tape singkong, yogurt, santan hangat sampai halus. Sisihkan
  3. Kocok telur dan gula pasir sampai mengembang.
  4. Tambahkan tepung terigu sambil diayak dan diaduk rata. Masukkan larutan ragi instan. Aduk rata.
  5. Tambahkan campuran tape singkong sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan. Diamkan 20 menit (saya diamkan selama 60 menit)
  6. Masukkan margarin leleh dan garam sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan.
  7. Panggang di cetakan pukis yang dioles margarin sampai setengah matang. letakkan Keju. Tutup dan biarkan matang.

 

Blenderan Tape, Santan dan Yogurt (agak nge-pink yah hihi)
Adonan Telur sebelum di kocok
Adonan setelah dikocok dan siap didiamkan selama 1 jam
Pada saat pemanggangan (keliatan membel membel gitu yah :D)

 

Dan akhir kata…
Dengan mengucapkan Bismillahirohmanirrohim saya setor resep sederhana ini untuk Idfb Challenge #12. Semoga bermanfaat dan bisa diterima ^_^
Terima Kasih dan Happy Baking ๐Ÿ˜€
Kue PUSING YO !!!
Tag pada:        

4 gagasan untuk “Kue PUSING YO !!!

  • September 27, 2013 pukul 3:34 am
    Permalink

    Hahahahhahaha Pusing Yo….dan akhirnya berhasil! Ikutan joget2…

    Makasi Mbaaa utk partisipasinya..senanggggg mbacanya..seruuuuu…

    Regards,
    Indonesian Foodblogger group

    Balas
  • September 27, 2013 pukul 3:39 am
    Permalink

    hihihihi makasih mba Anne mau mampir ke blog sederhana ini ๐Ÿ˜€
    Semangat !!!

    Balas
  • Oktober 5, 2013 pukul 9:11 am
    Permalink

    hekekkeke makasih mba tika ๐Ÿ˜€
    biar jadi rajin ikutan event hihihihihi… semangat !!

    Balas

Tinggalkan Balasan