wisata-gastronomi

Ketika kamu menemukan tiket murah yang sedang promo namun bingung hendak pergi kemana, mengapa tak mencoba untuk berwisata gastronomi?

Untuk kamu, mungkin kata Gastronomi terdengar asing. Wisata gastronomi memang lebih terkenal di luar negeri dibandingkan dengan di Indonesia. Gastronomi bukan hanya wisata makan biasa, karena di sini kamu tak hanya mencicipi makanan, tetapi juga akan dijelaskan mengenai sejarah mengenai asal mula makanan tersebut, dan juga bahan-bahannya.

Dikutip dari Kompas.com, Gastronomi “Menurut Hall dan Shraples (2003) sebagaimana yang dirangkum oleh Organisasi Pariwisata Dunia PBB (UNWTO), wisata gastronomi adalah sebuah perjalanan yang berhubungan dengan makanan ke suatu daerah dengan tujuan rekreasi”.

Kamu akan dikenalkan dengan perjalanan panjang proses sebuah makanan terbentuk. Misalnya, wisatawan akan diajak untuk menanam padi dalam proses awal dalam terbentuknya nasi, memancing ikan, lalu menanak nasi dengan cara tradisional, dan menyantap makanan dengan budaya dan cara penduduk lokal setempat. Dan akan ada chef khusus yang akan menjelaskan mengenai filosofi makanan tersebut. Hal ini akan memberikan sensasi berbeda untuk para penikmat kuliner, sekaligus juga memperkenalkan kekayaan alam nusantara.

Sejak tahun 2017 kemarin, Bali menjadi salah satu tempat yang dipersiapkan untuk wisata gastronomi ini. Alasannya, tentu karena Bali memiliki daya tarik yang sangat luar biasa dan juga banyak wisatawan asing yang datang. Infrastruktur nya pun sudah menunjang untuk diadakannya wisata gastronomi ini.

Jadi, tak ada salahnya kamu buka aplikasi Traveloka untuk intip tiket pesawat ke Bali. Mengunjungi beberapa restoran di sana yang sudah menunjang wisata gastronomi pastinya menjadi ide liburan seru. Kamu akan lebih mengenal filosofi mengenai makanan, tidak hanya menikmati sebuah hidangan yang ada di meja.

Sebenarnya di beberapa daerah wisata gastronomi ini telah berlangsung, namun tak terkelola dan terorganisir dengan baik. Wisata ini hanya di kelola secara tradisional dan tanpa koordinasi. Hanya warga lokal yang memperkenalkan makanannya secara tradisional dan penjelasan yang ala kadarnya.

Jika potensi ini di kembangkan, maka akan banyak tempat yang akhirnya bisa menjadi destinasi wisata gastronomi, mengingat Indonesia memiliki ragam makanan yang penuh dengan sejarah dan filosofinya tersendiri, juga proses pembuatan makanan yang unik dan berbeda disetiap daerah. Bayangkan berapa banyak potensi yang dimiliki nusatara dengan adanya wisata gastronomi ini.

Seperti bagaimana cara pembuatan papeda, atau bagaimana cara pembuatan dan filosofi apa yang ada dibalik nasi liwet, atau mengapa nasi padang selalu memiliki porsi yang lebih banyak saat dibungkus dan dibawa pulang daripada dimakan ditempat. Ada banyak hal unik dari makanan yang ada di Indonesia yang tentunya juga menarik untuk diketahui, maka wisata gastronomi ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk kamu.

wisata-gastronomi

Jika hal ini mulai dikemas secara gastronomi, akan menjadikan peluang usaha baru untuk para penduduk lokal dan makanan nusantara akan lebih dikenal tak hanya rasanya tetapi juga filosofinya, maka tak akan ada lagi yang meminta ayam rendang menjadi lebih crispy.

Di negara-negara Eropa, wisata gastronomi sudah mulai dikenal karena dianggap lebih fresh dan juga sehat, dan juga mengenal lebih dekat dengan makanannya.

Tak hanya Bali, nantinya kamu juga bisa mengunjungi Solo dan Semarang yang sedang dipersiapkan untuk menjadi tujuan wisata gastronomi. Jadi, sudahkah kamu mempersiapkan tiket murah untuk terbang ke sana?

Jangan Hanya Wisata Kuliner, Coba Yuk Wisata Gastronomi di Indonesia
Tag pada:                        

Tinggalkan Balasan