Hari Sabtu yang cerah beberapa waktu lalu, saya senang sekali di undang untuk menyicipi menu baru Dapur Seafood. Karena itu sejak pagi saya sudah siap berangkat. Terletak di ujung Jakarta, tepatnya di daerah Pantai Mutiara, Pluit, Jakarta Utara, Saya yang tinggal di Jakarta bagian Selatan tentunya jarak yang di tempuh lumayan jauh.

dapur-seafood

Tapi karena sekarang sudah ada fasilitas busway dan pemesanan kendaraan online, jarak menjadi tidak masalah. Dari rumah di Ciputat saya menggunakan bus feeder Transjakarta Ciputat – Bundaran HI. Karena saya janjian dengan teman, saya turun di Stasiun Bundaran Senayan. Dari sana saya melanjutkan menggunakan Bus Transjakarta jurusan Kota. Dari Stasiun Transjakarta Kota, kami memesan kendaraan online, saat hampir mendekati lokasi Dapur Seafood, di sebelah kiri jalan kita sudah bisa melihat laut yang jaraknya sekitar 1-2 meter dari pinggir jalan. Terus terang saya baru pertama kali ke daerah sana, jadi saya agak takjub juga dengan pemandangan laut yang dekat dengan jalan raya. Dan letak Dapur Seafood tepat sekali di depan laut tersebut, hanya di pisahkan jalan raya saja.

P_20170225_161057

Masuk ke dalam, kita sudah di suguhi aneka jenis hewan laut yang masih hidup. Ada Ikan, Kepiting, Udang, kerang, dan lain-lain. So pasti, semua hidangan laut berasal dari ikanikan yang masih segar. Lebih masuk ke dalam lagi, akan tersedia jejeran bangku-bangku kayu dan tentunya lantai pun terbuat dari kayu.

dapur-seafood

dapur-seafood

Dengan hiasan lampu yang juga terbuat dari rotan, menimbulkan suasana yang nyaman dan kekeluargaan walaupun udara dan angin yang berasal dari laut lumayan panas. Apalagi di tambah dengan pemandangan dermaga dan ada yacht loh ! Yess… di bagian belakang ini kita bisa makanan khas laut yang memang berasa dekat lautnya dengan suasana prestige dan mewah. Restaurant Seafood yang ternyata berlantai dua ini, juga sering di laksanakan pesta penikahan, jadi yang mau mengikat janji sehidup semati dengan suasana laut dan hidangan yang nikmat bisa juga di Dapur Seafood ini.

dapur-seafood

dapur-seafood

Karena seiring dengan perkembangan jaman, dimana persaingan di bidang kuliner mengusung berbagai macam konsep yang kreatif, maka Dapur Seafood tidak bisa hanya dengan mengandalkan cita rasa khasnya saja, untuk itu sekarang Dapur Seafood pun mengusung konsep dan tren baru. Dengan mode Asian Seafood Bistro, Dapur Seafood telah siap bersaing untuk menarik hati para pecinta kuliner terutama untuk hidangan laut.

Menu-Menu Dapur Seafood

 Yuk mari kita nikmati menu-menu makanan laut di Dapur Seafood.

Oreo Blended

Karena udara semakin siang semakin panas, saya memesan minum terlebih dahulu, karena saya suka dengan segala yang berbau Oreo, saya memilih Oreo Blended sebagai pembuka penghilang dahaga. Oreo yang di blended dengan es dank rim ini rasanya ga terlalu manis, jangan takut kekenyangan atau over sweet, yang jelas saya sih minum sampai tandas 😀 karena es dan krimnya ga bikin eneg.

dapur-seafood

Mediterania Punch

Minuman ini asli tropical banget, saat udara panas seperti di pinggir pantai kayak gini, memang minuman rasa buah paling pas dan seger. Terbuat dari sirup Melon, Jeruk Nipis, Jeruk dan Strawberry. Sayangnya buah segar hanya melon di bagian atas yang di blender. Tapi untuk seger-seger di kala panas, its so helpfull.

dapur-seafood

Spring Roll

Snack yang satu ini selalu ga ketinggalan sebagai hidangan pembuka, Lumpia dengan isian sayuran dan udang ini untuk menggugah selera makan “besar” nantinya.

dapur-seafood

Shrimp Fried Tofu

Setahu say ajika makan di resto seafood, tahu jenis ini di namakan Tahu Kipas. Isinya sayuran yang di serut panjang di isi dengan udang. Kalau yang ini tahunya di gigit terasa crispyk-nya. Makan satu juga udah berasa kenyang sih, karena isinya lumayan berisi. 1 porsi isi 4 tahu sebagai appetizer, lumayan enak.

dapur-seafood

dapur-seafood

Menu Makanan Utama

Seafood Platter

Nah untuk makanan utama (main course) mari kita mulai dengan porsi besar. Seafood Platter ini merupakan menu untuk porsi 6 (enam) orang. Jadi kalau kita mengajak keluarga atau teman makan berasama, bisa pesan menu Seafood Platter ini. Dengan harga IDR 800K per platter, sudah di isi dengan 7 (tujuh) macam jenis masakan seafood.

dapur-seafood

Diantaranya adalah :

  • Nassarius Snail (Kerang Macan)
  • Male Crab (Kepiting Jantan)
  • Golden Sand Deep Fried Goramy (Gurame Pasir Emas)
  • Calamary (Cumi Goreng Tepung)
  • Salted Egg yolk Shrimp (udang Telur Asin)
  • Hard Clam (Kerang Kepah)
  • Water Spinach (Kangkung)

dapur-seafood

P_20170225_113134

dapur-seafood

And that’s a very large size platter ^_^. Jangan di habiskan sendiri yah!

Minang Fish Head Gulai

Siapa penggemar Gulai kepala Ikan Kakap yang biasa tersedia di restoran Padang? Iyess di Dapur Seafood juga tersedia Gulai ini. Dengan bumbu yang melimpah dan kepala Kakap yang besar, bisa puas deh makannya. Kalau saya makan kuahnya saja sih, karena bukan termasuk fans kepala kakap ini 😀 tapi bumbu kuahnya berasa bumbu dan segarnya. Indonesia banget deh !

dapur-seafood

Golden Trevally Fish With Dabu-Dabu Special Sauce

Dari Padang dengan Gulai Kepala Kakapnya kita muter balik ke Manado. Yeap, ikan Kuwe bakar dengan bumbu Dabu-Dabu ini pasti sudah tahu kan yah. Sambal Dabu-dabu itu segar dengan potongan tomat, cabai, bawang, yeaaah penggemar dabu-dabu juga bisa menikmati seafood di sini juga.

dapur-seafood

Golden Sand Deep Fried

Nah ini, salah satu keseruan menikmati Ikan di restoran Seafood adalah adanya menu Ikan Gurame Goreng yang di fillet, Buat saya keseruan makan ikan goreng ini adalah bisa di makan sampai ke buntut dan tulangnya. Walaupun daging sudah di pisahkan atau di fillet, untuk membuktikan ikan ini gurih dan crispy adalah dengan memakan sayap, buntut dan pinggir tulang-nya. Kalau bisa di makan berarti YEAH ga di ragukan lagi, ikan ini crispy banget. Dan Ikan ini lulus uji coba loh, alias crispy.

dapur seafood

Dapur Seafood Special Sauce

Setelah berbagai macam bumbu ikan, Dapur Seafood juga memiliki menu ikan yang di bumbu dengan bumbu khas dari Dapur Seafood. Ikannya bisa milih, mau ikan Kuwe, Gurami atau Pari.

dapur-seafood

Dan sampailah kita pada menu utama yang paling utama,

Si Raja Kepiting / King Crab / Jumbo Crab

Jumbo Crab ini rata-rata beratnya di atas 1 kg. Biasanya jenis kepiting ini di sediakan untuk di ekspor dan jarang ada di pasar lokal. Nah di Dapur Seafood, tentunya menyediakan menu kepiting jumbo ini. Dengan berbagai macam cara masak dan bumbunya, di antaranya :

  • Black Pepper Sauce (Lada Hitam)
  • Singapore Chili Sauce (Saus Singapur)
  • Golden Salted Egg Yolk (Saus Telur Asin)
  • Padang Sauce (Saus Padang)
  • Smoke (Asap)

dapur-seafood

dapur-seafood

dapur-seafood

Dalam penyajiannya, pihak Dapur Seafood akan memberikan selain capit juga Palu. Loh buat apa palu? Ya iya lah, ini kan kepiting Jumbo, kulitnya pasti sangat keras, jadi di hancurkan Cuma dengan capit ya ga bisa. Jadi palu gunanya untuk membuka kulit kepiting yang keras itu. Kalau kita ga mahir memecahkan kulit kepiting, kru Dapur Seafood akan membantu.

dapur-seafood

Memang bener-bener jumbo kepitingnya, lihat saja dagingnya yang banyak dan “montok” di bagian kakinya, yuuummm bisa bayangin ga gimana bagian perutnya? Harga per kilogram Kepiting Jumbo ini berkisar IDR 48.9K/ons untuk betina dan IDR 52.9K/ons untuk jantan.

Kebetulan saya coba yang bumbu saus padang, Rasanya yummy, pedas dan berbumbu khas saus padang. Dan yang saus lada hitam juga enak. Pedasnya lada hitam baget. Kalau makan kepiting ya ga bisa jaim donk yah, jadi tangan kanan dan kiri harus “bermain” mengupas kulit kepiting yang keras itu hihihi.

Selain menu di atas ada menu-menu lainnya juga loh.

dapur-seafood

dapur-seafood

dapur-seafood

dapur-seafood

P_20170225_115455

Dan yang unik dari Dapur Seafood yang mengusung konsep Asian Seafood Bistro ini, adanya menu western yang di kombinasikan dengan menu khas seafood.

Anchor Pizza

Pizza ini bertoping kepiting dengan bumbu lada hitam, dan di tabur keju mozzarella. Dengan model thin crust pizza, Anchor Pizza ini mencuri perhatian saya. Sebenarnya saya ga terlalu suka pizza model thin crust karena rasanya kurang sreg dan kurang nge-pizza kalau rotinya tipis dan kering. Ini pendapat saya loh ya. Saya termasuk penggemar pizza thick crust alias roti tebal. Tapi mencoba Anchor pizza ini saya termasuk suka. Karena dengan topping kepiting tidak membuat alas pizzanya terlalu kering dan keras, roti tetap tipis dan cruncy namun lembut ketika di gigit.

dapur-seafood

Marinara Pizza

Rotinya sama seperti Anchor Pizza, tapi dengan topping aneka seafood dan saus marinara. Cuma kalau yang ini saya bingung makannya karena ada kerang di atas toppingnya. Kalau saya, ini di skip ga nyobain hehehe. Tapi kata yang nyobain, this one is good pizza.

dapur-seafood

Selain Pizza, ada beberapa pasta juga yang dikombinasikan dengan seafood pastinya.

dapur-seafood

dapur-seafood

Dan sebagai penutup, mari kita cobain dessert Dapur Seafood. Ada Panna Cotta and Mango Mouse dan Medan Ice Cream.

dapur-seafood

dapur-seafood

Jadi kini di Dapur Seafood kita tak hanya di sajikan menu-menu Seafood yang di berikan bumbu khas Dapur Seafood, namun seperti layaknya Bistro, Dapur Seafood menyediakan aneka menu western dengan tetap mengedepankan aneka seafoodnya.

Dapur Seafood

Jl. Pantai Mutiara Blok TG No. 7, Jakarta Utara

Telp : +62 21 6677 000, +62 813 266 77 000

Instagram @dapurseafood

Dapur Seafood, Pesta Raja Kepiting (King Crab) di Utara Jakarta
Tag pada:                                                

Tinggalkan Balasan