ImutzCakes – Waktu SD saya suka sekali makanan ini, sampai sekarang juga masih suka sih. Di pasar Sabtu Minggu wilayah deket rumah, jajanan ini selalu ada tapi dengan bentuk yang berbeda yaitu dengan digoreng dan dengan bumbu bubuk beraneka rasa. 
Dan hampir tiap minggu saya menyempatkan diri untuk mampir membeli makanan ini. Dikantor tempat saya bekerja, setiap pagi ada penjual nasi kuning bandung, dan salah satu menu makanannya pun cilok ini juga tersedia, namun dengan bumbu kacang yang kental. 
Dengan harga Rp. 2000 per tusuk, setidaknya ini menjadi jajanan untuk mengobati kangen pada makanan jaman SD dulu. Tapi tahukah anda, cara membuat cilok ini sangat gampang, dengan bahan sederhana, dan cara masak yang mudah kita bisa menikmati sampai kenyang dibandingkan hanya membeli 1-2 tusuk cilok yang rasanya kurang bisa memuaskan perut. 
Dengan membuat sendiri, maka bisa memilih bahan-bahan yang lebih sehat dan bervariasi. Bayangkan kalau kita sudah punya resep andalan sendiri, cilok ini bisa menghasilkan keuntungan yang lumayan (jadi terpikir mo usaha cilok hehehehhe *kidding) tapi bener lho ga ada salahnya kita mencoba berwirausaha kecil-kecilan, menyediakan makanan sehat untuk orang lain dengan imbalan yang sesuai tentunya. Sebab kalau kita beli, belum tentu apa yang kita makan menggunakan bahan yang sehat dan bersih. Apalagi untuk anak-anak, duh ngga banget deh kalo pakai msg dsb. 

Jadi yuk mulai sekarang kita buat makanan sehat untuk keluarga

Cilok


Bahan :

50 gr tepung terigu
50 gr tepung sagu
2 siung bawang putih untuk adonan (di haluskan)
1 siung bawang putih untuk direbus
1/2 sdt lada (kalo untuk anak-anak sebaiknya tidak menggunakan lada)
35 ml Air 
Garam secukupnya
Air secukupnya untuk merebus (kurleb 1-1.5 liter)

Peralatan : Tusuk Sate

Saus :
– 1 sdm Saus cabe 1 sdm
– 2 sdm Saus Tomat
– 2 sdm Air panas dari rebusan cilok

Cara Membuat :


Rebus air tambahkan sedikit garam dan bawang putih yang di geprek dan cacah kecil, sementara menunggu air mendidih campur semua bahan sampai kalis, buat bulat-bulat kecil dan masukkan ke air mendidih, masak sampai mengapung, angkat. 

Buat sausnya dengan mencampurkan saus cabe, saus tomat dan air rebusan cilok 

Selagi panas, tusukkan ke tusuk sate dengan bantuan sendok atau garpu. Sajikan dengan saus

Untuk yang menghindari saus bisa dibuatkan sambel kacangnya (source : dapurmasak.com)


– 50 gr Kacang tanah , goreng dan dihaluskan
– 1 siung Bawang putih
– 50 ml air matang
– garam
– 2 sdm gula merah serut
Caranya : campurkan semua bahan, saat mau disajikan bisa ditambahkan kecap

Semoga bermanfaat ^_^

Cilok
Tag pada:        

4 gagasan untuk “Cilok

Tinggalkan Balasan