Sukabumi sebagai salah satu Kabupaten atau Kota di Jawa Barat menjadi incaran para wisatawan dari Jakarta atau luar Jakarta selama akhir pekan, selain destinasi wisata Bandung tentunya. Bukan hanya merupakan wilayah yang sejuk, potensial di bidang wisatanya pun tak kalah menariknya. Dan juga Sukabumi tidak hanya memiliki keindahan alam seperti curug dan pemandian air panas. Namun juga mempunyai wisata pantai. Berikut beberapa ulasan tentang pantai di Sukabumi yang cantik dan berlokasi tidak terlalu jauh dari wisata Pantai Pelabuhan Ratu.

Pantai Cibangban, Si Cantik yang tidak Di Ketahui

pantai di sukabumi
source : www.yukpiknik.com

Jika di bandingkan dengan pantai Pelabuhan Ratu yang sudah terkenal, sudah pasti pantai ini kalah pamor. Mulai dari tempat wisatanya sampai ke hal mistisnya. Bagi yang menyukai ketenangan atau mau relaksasi pikiran tanpa terganggu dengan aktivitas wisatawan lainnya, pantai Cibangban adalah pilihan yang tepat.

Selain keindahan yang di tawarkan oleh pantai ini, adapula air laut yang masih sangat jernih dan bebas dari sampah dan terjaga kebersihannya. Belum lagi pasir pantainya bewarna cokelat keabuan yang sangat halus. Cocok buat yang membutuhkan ketenangan seperti mencari sebuah inspirasi dalam menulis dan fotografi.

Ombak di pantai ini tidak terlalu besar jika di bandingkan ombak di Pelabuhan Ratu. Tetapi, harus tetap mewaspadai ketika hendak berenang, di karenakan banyaknya batu karang yang menyebar di area sekitar pantai ini.

pantai di sukabumi
source: www.wisatamu.com

Pantai ini berlokasi berdekatan dengan Pantai Pelabuhan Ratu yakni dengan jarak 10 km. Kita dapat mengunjungi lokasi ini yang terdapat di Desa Cisolok. Untuk memasuki pantai ini hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp.3.000,00/orang, masih murah kan…

Meskipun demikian, pantai ini memiliki beberapa fasilitas seperti toilet umum untuk tempat membilas setelah mandi, dan stand penjualan makanan dan minuman juga sebuah tempat gazeboo untuk menikmati pemandangan pantai ini. Jika kita berencana untuk menginap, tak perlu khawatir, karena  di dekat pantai ini terdapat penginapan atau hotel yang memiliki berbagai fasilitas menarik.

Pantai Cimaja, Ombak Menggulung, Surganya Para Surferian !

Setelah mengintip keindahan pantai Cibangban, para surfernian sejati wajib mengunjungi pantai ini! Pantai Cimaja sangat terkenal bagi para wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara yang menyukai olahraga pantai satu ini.

Nama pantai ini di ambil berdasarkan dengan lokasi dari pantai ini yakni Desa Cimaja, Kabupaten Cikakak, Kota Sukabumi.  Salah satu Pantai di Sukabumi ini terkenal dengan perbedaan kontur yang mencolok di bandingkan pantai-pantai pada umumnya. Lain halnya dengan pantai Cibangban, pantai ini memiliki ombak yang sangat ganas. Karenanya pantai ini lebih di anjurkan untuk para pengunjung ahli yang hendak menikmati olahraga air berselancar ini.

pantai di sukabumi
source : www.fotowinara.com

Kita harus berhati-hati terhadap arus kuat pantai ini loh, karena dapat membahayakan nyawa. Akibatnya sangat fatal karena bisa terbawa gelombang laut yang kuat saat berenang di pantai ini. Bukan berarti terdapat larangan untuk berenang di pantai ya! Kita hanya cukup memperhatikan dengan terperinci rambu larangan yang telah di pasang di sekitar area pantai. Bukan hanya itu, kita juga harus mewaspadai kapan terjadinya pasang surut air laut.

Oh iya, Jangan lupa menggunakan alas kaki saat berjalan-jalan di sekitar pantai ini ya, karena jalanan berbatu dan licin, sangat berbahaya bagi kenyamanan kaki kita. Dan pastinya keamanan kita akan  tetap terus terpantau oleh para pro SCCI atau Surfing Culture Club Indonesia.

Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi pantai ini yaitu pada musim kemarau, bulan April sampai Oktober karena kita akan bisa menyaksikan kebolehan dan kelihaian para surfernian baik lokal maupun mancanegara yang menunjukan kebolehannya. Waktu untuk kegiatan surfing ini biasanya yaitu pada waktu pagi dan sore hari. Hal ini di karenakan angin berhembus dengan kuat pada pukul 11:00 wib – 16:00 wib. Duh dah kebayang kan bisa ngintip para surferian beraksi.

Yang perlu di ingat, sesuai dengan kepercayaan daerah pantai di Sukabumi ini, jangan pernah menggunakan baju berwarna hijau ke pantai karena berdasarkan budaya mistis warga Sukabumi, memakai baju bewarna hijau berarti menyamakan diri dengan sang Ratu Pantai Selatan, Nyai Roro Kidul. Percaya ga percaya sih ya, tapi kepercayaan ini pasti sudah ada sejak jaman dahulu kala. Boleh tidak percaya tapi memang sebaiknya hati-hati aja sih. Ga ada salahnya kan? hehehe

By the waay, jika hendak mengunjungi pantai ini sebaiknya menggunakan mini bus atau bus yang memiliki rute pulang-pergi dari Jakarta ke Pelabuhan Ratu baik melalui jalur Bogor ataupun melewati jalur Sukabumi.

Fasilitas sarana yang di sediakan pantai ini yaitu beberapa toko souvernir dan beberapa warung makan dan minuman. Bukan hanya itu, di beberapa warung makan kita bisa mendapatkan tangkapan yang masih segar dari laut. Makanan yang paling banyak di temui di lokasi ini yaitu ikan bola.

Tiket masuk menuju lokasi ini hanya di bandrol sebesar Rp.5.000,00/orang. Sedangkan untuk penginapan atau hotel, biasanya bisa kita temukan beberapa hotel berbintang yang terdapat di jalan Siliwangi.

Jika budget terbatas ga perlu khawatir juga sih, ada penginapan dan losmen yang memiliki harga yang tidak menguras kantong. Penginapan dan Losmen ini terletak di sekitar Pelabuhan ratu.

Jadi Selamat berlibur ke Pantai di Sukabumi ya! Jangan lupa oleh oleh 😉

Salam

Bakingfoodie

Cantiknya Pantai di Sukabumi
Tag pada:                

6 gagasan untuk “Cantiknya Pantai di Sukabumi

    • Juni 23, 2016 pukul 4:36 am
      Permalink

      Sesekali ke pantai menikmati bunyi deburan ombak mba hihihi.
      Aku sendiri kadang bosan ke gunung. Pergi ke pantai lumayan juga. Kalo pengen ya ke ancol wkwkwkwk

      Balas
  • Juni 24, 2016 pukul 8:46 am
    Permalink

    Sukabumi belum eung. Eeeeh…udah deng. Pernah mancing di tengah laut…tapi saya ga ikut..hahaha. yg lain mancing saya mah jelong2 keliling kota. xixixi.

    Balas
    • Juni 24, 2016 pukul 9:19 am
      Permalink

      Saya sendiri masih takut ke tengah laut hahahhaha. Entah kenala merinding gitu. Mending jalan aja deh sepanjang pantai hahahaha

      Balas
  • Juni 24, 2016 pukul 1:19 pm
    Permalink

    Sedikit terobati akan kangen berkunjung ke pantai setelah baca postingan ini. Ah, lebaran besok mampir ke pantai.

    Balas
    • Juni 24, 2016 pukul 5:16 pm
      Permalink

      Jadi pengen ke lantai juga nih. Tapi kalo lebaran harus prepare dari pagi mba berangkatnya. Kemungkinan pasti macet

      Balas

Tinggalkan Balasan