brownies-setengah-kilo

Duh, sebenarnya ada beberapa artikel yang harus saya tulis yang sempet beberapa lama tertunda. Ga di kejar deadline sih, tapi ada beban moral gitu kalau ga nulis secepatnya. Dan entah kenapa saat ini saya lagi agak nge-blank untuk nulis artikelnya. Saya malah lebih excited untuk nulis resep ini dibanding artikel lain (untuk saat ini). Makanya untuk artikel resep ini saya duluin tayang, gak tahaaan booooo pengen nge-share hihihihihi.

Penasaran saya ini sebenarnya udah agak telat. Ketika orang lain sudah rame-ramenya setiap hari posting resep ini, saya masih dengan santai baru nyimpen resepnya. Entah kapan mau di eksekusi, yang penting resep udah di tangan. Karena untuk cemilan satu ini, saya sudah punya resep andalan, rasanya kalau mau ganti resep, harus bisa menyesuaikan diri lagi (cieeh apa sih coba).

brownies-setengah-kilo

Yup, resep Brownies Setengah Kilonya Teh Nicke Kania yang fenomenal itu yang bikin saya penasaran. Dan juga setelah ada postingan Mba Sashy Little Kitchen dengan Brownies Snicker Glutten Free-nya, saya membulatkan tekad untuk nyoba resep Brownies ini. Kebetulan saya sudah menyimpan Snicker yang memang saya beli untuk topping Brownies. Maksudnya saya ga bikin yang gluten free sih, saya mau coba Brownies Setengah Kilo-nya teh Nicke dengan Topping Snicker.

brownies-setengah-kilo

Untuk Brownies saya sudah terlanjur jatuh cinta dengan tekstur brownies yang fudgy dan melting di dalam mulut, buat saya brownies yang fudgy adalah brownies yang sebenarnya brownies. Next time saya akan posting resep brownies fudgy yang menjadi favorite saya ya. Kalau brownies yang masih terasa teksture “cake”nya buat saya pribadi itu belum nge-brownies tapi cake cokelat hehehhehe. Eh tapi terserah dari masing-masing kesukaan orang sih. Ada yang suka dengan brownies dengan tekstur seperti bolu, ada yang suka seperti butter cake, ada yang memang suka brownies yang bahannya tidak menggunakan tepung terigu atau gluten free dll.

brownies-setengah-kilo

Nah ketika saya mencoba memuat Brownies setengah kilo ini, lumayan agak shock sih. Semua bahan di ukur 500 gr. Buat saya yang dirumah tidak banyak orang, jelas pasti kebanyakan kalau bikin satu resep. Jadi saya membuat hanya 1/2 resep yaitu setiap bahan di ukur sebanyak 250 gr. Dan saya kembali shock ketika saya baca resep ada bahan Butter dan Minyak yang masing-masing di ukur 125 gr. Jika digabung dalam bentuk cair maka totalnya adalah 250 gr. Duuuuh kebayang gaaa lemak segitu banyak untuk seloyang brownies. Gagal diet deh judulnya, tapi kalau ga di ukur segitu namanya bukan brownies setengah kilo donk ya. Jadi mau ga mau saya ukur deh butter dan minyak sesuai resep.

Saya ga memodif resep karena memang mau tau kalau sesuai resep hasilnya akan seperti apa. Jadi anggap saja dalam setiap gigitan Brownies Setengah kilo ini ada Guilty Pleasure yang memang menyenangkan hohohoho. Oh iya, saya juga menambahkan 1 sachet bubuk kopi Torabika Creamy Latte instan tanpa gula dan tanpa di seduh kedalam campuran bahan kering.

Brownies Setengah Kilo (by Teh Nicke Kania)

Bahan:

1/4 kg telur (4 butir)
1/4 kg gula pasir
1/4 kg tepung terigu
25 gram Coklat Bubuk (pake van houten)
1/4 kg DCC (Dark Cooking Coklat) di lelehkan
1 Sachet Kopi Torabika Creamy latte
Bahan cair 250 gr (mentega dan minyak) :
125 gr mentega
125 gr minyak
Topping (optional)
Coklat Snicker
Choco Chip
Almond
Coklat leleh

Cara Membuat :

1. siapkan loyang 20x20x4 yang dialas baking paper
2. panaskan oven,
3. lelehkan (coklat dan mentega di masing2 tempat),
4. Kocok telur dan gula larut dan adonan mengental,
5. masukan tepung, coklat bubuk, dan kopi instan
6. lalu masukkan bahan cair (coklat, minyak, mentega)
7. masukkan choco chip
8. tuang kedalam loyang, beri topping sesuai selera. Saya juga menggunakan coklat leleh yang di siram diatas adonan.
9. panggang dengan suhu 180 dercel selama kurleb 40 menit
note : untuk membuat shiny crust, diatas brownies, oven harus dipanaskan terlebih dahulu, dengan panas yang benar benar panas. Kali ini saya ga dapet shiny crustnya, jadi setelah brownies nya matang, saya toopping lagi dengan coklat leleh.
 brownies-setengah-kilo

Saya terlalu tebal menuang adonan kedalam loyang, harusnya sih agak tipis, jadi dia akan menjadi agak fudgy. Nah karena terlalu tebal menuang ke dalam loyang, tekstur brownies saya ini jadi seperti butter cake bagian bawahnya, gak bantet dan agak lembut, tapi tidak seperti yang saya harapkan yaitu menjadi brownies yang fudgy. Karena topping saya menggunakan  Snicker dan saya siram dengan coklat leleh, menyebabkan bagian atas brownies agak lembab dan meleleh. Dan ITU yang menjadi guilty pleasure saya.

Jika resep 250 gr ini masih ada lebihnya untuk 1 loyang 20x20x4, sisanya bisa di taruh di cup muffin. Lumayan buat bekal sarapan dan cemilan kan.

So, Selamat Mencoba ya. Dijamin ga bakal nyesel makan brownies ini.

Happy Baking,

Baking Foodie

Brownies Setengah Kilo, My Guilty Pleasure
Tag pada:    

Tinggalkan Balasan