Abis lebaran pasti punya banyak simpenan putih telur. Dibuang sayang, dibikin cookies udah mulai capek dan males. Dimasak? duh malasnya 2 kali masak, dikukus trus di oseng-oseng (menurut informasi bisa di bikin tumis putih telur) karena pasti cuma sekali dua kali dimakannya. Mo dibikin White Cake kok ya pas lidah lagi ga kepengen makan bolu. Pengen bikin sesuatu yang manis dan sweet dan pas dilidah. Tapi apa yah? 
 
Pas lagi kepikiran pengen brownies yang lembut, ga seret, cepet lumer dimulut dan hasil browsing nemu brownies putih telur. Dapet resepnya dari sajiansedap lagi 😀 bikinnya gampang dan hasilnya lembuuuutttt, ga terlalu manis, dan nyoklat banget deh, karena ada perpaduan cokelat bubuk, Pasta cokelat, cokelat blok dan meses cokelat sebagai filling. Layak untuk di coba dan bisa jadi cemilan sore bareng nge-teh :))
 
Waktu ngukus pake api sedang, alhamdulillah bisa rata ga bergelombang, cuma emang agak ga mulus, bolong bolong begitu, padahal udah di geprek-geprek (apa yah bahasanya kalo loyang dibanting-banting dulu hehehe) sebelum masuk klakat. Ini resepnya saya copas lagi dari sajiansedap yah 😀
 
Brownies Putih Telur
by : Sajiansedap.com
 
30 gram margarin 
50 gram cokelat masak pekat, dipotong-potong
1/4 sendok teh cokelat pasta 
250 gram putih telur 
1/2 sendok teh garam 
1 1/2 sendok teh emulsifier (sp/tbm)
125 gram gula pasir 
125 gram tepung terigu protein rendah 
20 gram cokelat bubuk 
15 gram susu bubuk 
1/2 sendok teh baking powder 
50 ml air (saya cuma pake 30 ml)
30 gram meises untuk taburan
 
Cara Pengolahan :
  1. Panaskan margarin. Matikan api. Masukkan potongan cokelat masak pekat. Aduk sampai larut. Tambahkan cokelat pasta. Aduk rata. Sisihkan.
  2. Kocok putih telur, garam, dan emulsifier sampai setengah mengembang. Masukkan gula pasir sedikit-sedikit sambil dikocok sampai mengembang.
  3. Tambahkan tepung terigu, cokelat bubuk, susu bubuk, dan baking powder sambil diayak dan diaduk rata bergantian dengan air. (saya di mixer kecepatan rendah sebentar aja sampai rata)
  4. Masukkan campuran margarin sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan. (dimixer rendah juga)
  5. Tuang setengah bagian adonan di loyang diameter 20 cm tinggi 7 cm yang dioles margarin dan dialas kertas roti.
  6. Kukus 10 menit dengan api sedang. Tabur meises. Kukus lagi 5 menit dengan api sedang.
  7. Tuang lagi sisa adonan. Kukus 15 menit sampai matang.
Untuk 12 potong
 
“Happy Baking ^_^
Brownies Putih Telur
Tag pada:        

Tinggalkan Balasan