PicsArt_04-27-02.14.49
photo by febriyantolukito.com

Bungasari bersama Indonesian Food Blogger bikin Baking Class yang bertempat di Bungasari Innovation Center. Kesempatan ini ga saya sia-siakan, karena saya sendiri belajar baking itu hanya dari google alias autodidak jadi begitu tahu ada baking class, langsung daftar.

Eh, tapi ini baru pertama kalinya saya dateng ke Bungasari Innovation Center loh. Ternyata tempatnya ga jauh, tepatnya di daerah Pakubuwono, Jakarta Selatan. Kalo dari rumah saya yang di selatan Jakarta ya deket lah ya. Kalo lagi ga buru-buru bisa naek bis Koantas Bima 102 jurusan Ciputat – Tanah Abang, turun di Taman Pakubuwono, atau Halte SMK Negeri (saya lupa nama SMK nya), tinggal nyebrang dan Dapur Bungasari ada di sebelah kanan. Tapi karena saya terburu-buru jadi naek ojek online saja.

Masuk ke dalam Dapur Inovasi Bungasari, rasanya seperti masuk ke rumah sendiri, saya sudah disambut dengan senyuman manis seorang wanita cantik namanya Mba Hanira, Beliau adalah Marketing Communication Bungasari bersama dengan Mas Ricko dan juga ada mas Danny yang membawakan materi informasi tentang Bungasari Flour Mills Indonesia.

bungasari
sarapan yuk

Baru sampe dah di suguhi sarapan, ada snack, kopi dan teh. Jadi sebelum pelajaran di mulai, ngisi “bensin” dulu biar ga kelaparan dan bisa konsentrasi dengerin materinya. Loh kok materiiiii? katanya Baking Class, harusnya nge-bake donk, bikin-bikin kue gitu. Eits sabar dong, sebelum mulai “perang” di dapur kan kita harus tahu dulu teori membuat kue yang benar, mulai dari mengenal bahan yang berkualitas, membedakan jenis-jenis kue, dan pengetahuan dasar dunia per-baking-an.

2016-27-4--14-45-19
perangkat baking Bungasari Inovation Center
Sekilas Tentang Bungasari Flour Mills Indonesia

Berdiri di Indonesia sejak Februari 2012, Bungasari Flour Mills merupakan hasil synergy dari 3 kekuatan besar sebagai pemegang saham, yaitu FKS GROUP (Indonesia), TOYOTA TSUSHO CORP (JEPANG) dan MALAYAN FLOUR MILLS BERHAD (Malaysia).

PicsArt_04-27-02.15.34
Sumber dari Bungasari Innovation Center

Dengan 3 kekuatan itu, jelas Bungasari memiliki produk yang handal, apalagi di dukung dengan teknologi dan fasilitas yang canggih. Bungasari Flour Mills Indonesia telah memiliki sertifikat PSSC ISO 2200, ISO 9001, HALAL, SNI serta etos kerja dengan filosofi KAIZEN (Continous Improvement) yang diadopsi dari etos kerja TOYOTA CORP Jepang.

Produk Bungasari Flour Mills Indonesia

Tersedia kemasan 50 kg (Premium), 25 kg (Super Premium) dan 1 kg (Super Premium), produk Bungasari menyediakan berbagai produk gandum untuk berbagai keperluan. Dalam Baking Class Bungasari ini kami juga mempelajari berbagai kategori tepung terigu, kegunaan, cara menyimpan dan tanda-tanda terigu yang masih baik. Jadi di Bungasari untuk super premium ada 3 kategori terigu. Terigu protein rendah yaitu Hana Emas, biasa dipakai untuk Cookies, Cake dan Aneka Gorengan. Tepung protein sedang adalah Bola Salju, contoh penggunaannya adalah untuk Pancake, Dorayaki, juga bisa buat aneka gorengan. Sedangkan Tepung protein tinggi adalah Golden Eagle, nah kalau mau membuat roti, mie, pizza atau pastry bisa menggunakan terigu jenis ini.

PicsArt_04-27-02.19.37
Sumber dari Bungasari Innovation Center

Mengetahui basic pembuatan cake juga perlu loh. Karena kali ini kita temanya Cake Shop Recipe Class kami belajar tentang sejarah cake. Jadi pada dasarnya cake itu ada 3 jenis yaitu Sponge Cake, Chiffon Cake, dan Pound Cake. Jenis Sponge Cake biasanya digunakan sebagai basic cake yang akan di hias/dekor lagi. Chiffon Cake dan Pound cake adalah jenis cake yang biasanya langsung di  konsumsi, bedanya pound cake bisa di isi buah-buahan karena lebih padat, sedangkan Chiffon Cake lebih ringan sehingga permukaan atasnya hanya di oles selai atau buah yang ringan.

PicsArt_04-27-02.16.48
Sumber dari Bungasari Innovation Center
Yuk bikin Cake !

Setelah tahu segala macam teori dasar cake, kini saatnya praktek hands on. Horeee, Ternyata cake yang mau kita buat adalah Sacher Torte Cake ala Bola Salju. Berikut resepnya yah

Photo by @liadjoen
Photo by @liadjoen

Nah, Sacher Torte sendiri terdiri dari lapisan sponge cake, filling, ganache dan di tutup dengan cokelat glaze / mirror glaze. Duh kebanyang kan nyokelat banget pastinya. Sponge cake untuk Sacher Torte ini akan lebih padat dibanding sponge cake biasa, dikarenakan penggunaan almond powder dalam adonannya. Gimana cara pembuatannya, yuuuukkk kita intip.

2016-27-4--14-36-43
Sumber dari Bungasari Innovation Center

IMG_20160420_104831

DSCF6891

DSCF6903

Jadi kami ber-15 orang dibagi menjadi 3 kelompok. 1 kelompok terdiri dari 5 orang, kebetulan saya di kelompok 3. Dan bisa dibayangkan deh serunya blogger bikin kue, ada yang ngadonin bahan, ada yang bikin video, ada yang foto-foto. Ah pokoknya seru dan heboh, belum lagi paniknya waktu misahin putih dan kuning telur. Si Dion mecahin semua telur kedalem mangkuk, lalu menyendok kuning telurnya pakai cangkang telur. Saya kaget juga sih sama caranya, karena cara biasanya cara saya mecahin putih dan kuning tidak seperti itu, tapi akhirnya ga kecampur sih. Yeaay Bravo Dion !!

bungasari

Untungnya ga ada kamera yang masuk ke adonan sih. Tapi walaupun membernya cowo semua (cewenya cuma 2) hasil kelompok 3 memuaskan donk, ga bantet dan lembut banget. Yeeeeheee berhasil horee.

PicsArt_04-27-03.14.14

Ya iya sih ga 100% kita semua yang bikin, namanya class kan pasti ada guruya ya. Jadi sebagian yang pasti dibantu sama chefnya, Ada 2 chef namanya Chef Kelik dan Chef Latief yang keren dan pengalaman nemenin kita-kita yang super heboh ngeberantakin dapur Bungasari, tapi mereka dengan sabar membantu dan ngajarin.

Yang seru lagi itu pas decor cakenya. Setelah semua buletan cake dibelah, dikasih filling cokelat atau selai, cake nya di cover ganache. Nah buat nge-cover cake ini ternyata susah yah pemirsah, ga rata dan belepotan. jadi buat cover dibantu sama chef-nya aja deh biar rapi hihihihi.

Tapi akhirnya jadi juga deh Sacher Torte buatan baking foodie.

 DSCF7059

Keseruan dan Kehebohan IDFB’ers bisa di tonton di video ini yah. Thank to mas Febriyan yang udah ngerekam semua keseruan baking kelompok 3, uhuuuuyyyy

Sumber dari Bungasari Innovation Center
Sumber dari Bungasari Innovation Center
Sumber dari Bungasari Innovation Center
Sumber dari Bungasari Innovation Center

Ternyata di Bungasari Innovation Center ini memang rutin mengadakan Baking Class, buat yang pemula di dunia baking, di sini recomended banget. Gimana ngga, hanya dengan biaya IDR 150.000 kita bisa belajar baking HANDS ON alias langsung praktek sendiri dengan pengajar chef chef yang keren dan handal. Resep-resep seperti cake, cookies, pastry, roti dan lain-lain pasti akan selalu ada di praktekkan di sini. Di tambah lagi, kapasitas peserta di batasi hanya 15 orang, dengan tujuan agar apa yang di ajarkan oleh chef-nya tersampaikan ke kita para pemula.

Jadi, ga usah takut ga bisa bikin kue, Datang aja ke Bungasari Innovation Center. Biar yang pemula menjadi lebih pintar baking dan yang sudah pintar menjadi professional.

Untuk informasi mengenai Bungasari bisa di cari di sini :

Website : www.bungasari.com
Facebook : Dapur Inovasi Bungasari
Instagram : @DapurInovasiBungasari
Youtube : Dapur Inovasi Bungasari
Layanan Pelanggan : 0807-1-988-988

Bungasari Innovation Center
Jl. Taman pakubuwono VI No. 11 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan 12120
ph: +62 21 723 6572
fax: +62 21 724 3394
So, Happy Baking All

Baking Foodie

Bungasari Innovation Center, Baking Class bersama Indonesian Food Blogger
Tag pada:                        

Tinggalkan Balasan